Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat An-Naas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Arab-Latin: qul a’ụżu birabbin-nās

Terjemah Arti: 1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia

Allah memerintahkan Nabi-Nya ﷺ agar berkata kepada manusia : Aku berlindung kepada Allah dan berpegang teguh kepada Pencipta manusia dan yang membimbing mereka, karena Ia Maha Esa, Yang Maha Mampu membalas tipu daya orang-orang yang berbuat makar.

مَلِكِ النَّاسِ

malikin-nās

2. Raja manusia.

Aku berlindung kepada Raja yang memerintahkan manusia dan yang berkuasa atas segala urusan dalam kehidupannya.

إِلَٰهِ النَّاسِ

ilāhin-nās

3. Sembahan manusia.

Aku berlindung dengan Tuhan manusia dan sesembahan mereka yang benar, yang memalingkan keburukan sihir dan ‘ain, serta keburukan setan dari kalangan manusia dan jin.

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

min syarril-waswāsil-khannās

4. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

Kemudian Allah menjelaskan bahwa orang yang berlindung darinya, darinya disini maksudnya adalah keburukan setan yang terlaknat yang ia membisikkan, mempedaya dan memalingkan dari menyebut nama Allah.

الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

Allah menjelaskan bahwa sebab memohon perlindungan adalah bahwa setan membisikkan dalam dada-dada manusia; Membuat manusia menjadi kufur dan bermaksiat sampai manusia mau melakukannya. Agar lolos dari bisikan setan maka wajib untuk meminta perlindungan (kepada Allah) darinya. Sebab jika manusia tidak meminta perlindungan kepada Allah, maka setan berkuasa dalam hatinya dan melemparkan di dalamnya was-was, entah bisikan dalam masalah aqidah, rencana agar melakukan kejahatan, dan lain sebagainya.

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

minal-jinnati wan-nās

6. dari (golongan) jin dan manusia.

Allah menjelaskan bahwa bisikan, banyak yang bersumber dari jin, dan terkadang dari manusia. Dan setan memiliki gaya bahasa yang menakjubkan dalam membisikkan, terkadang datang dengan membisikkan angan-angan atas sesuatu, terkadang datang dengan seolah-olah menasihati / menjadi penasihat. Dan setan akan mendekati manusia dengan segala jalan yang mengantarkannya kepada keberhasilan atas apa yang ia bisikkan. Maka kami berlindung kepada Allah darinya dan dari segala keburukan / pembawa keburukan.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!