Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat al-Lahab

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ

Arab-Latin: tabbat yadā abī lahabiw wa tabb

Terjemah Arti: 1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.

مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ

mā agnā ‘an-hu māluhụ wa mā kasab

2. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia

1-2. Surat ini dimulai dengan celaan terhadap Abu Lahab, Allah berkata : Sungguh celaka kedua tangan orang yang celaka itu (yaitu Abu Lahab). Sia-sia dan merugi karena sebab memusuhi Nabi ﷺ. Dan sebagian celaannya kepada Nabi, ia (Abu Lahab) mengikuti Rasul ﷺ yang menuju ke Mina untuk berdakwah kepada orang-orang yang berhaji, kemudia Abu Lahab berkata : Jangan kalian percaya kepadanya, sesungguhnya ia adalah anak kami dan masih ingusan. Kemudian Allah mengabarkan bahwa harta yang dikumpulkan Abu Lahab dari hasil perdagangannya tidaklah memiliki manfaat, begitu juga dengan anaknya yang ia banggakan, tidak akan menolongnya dari adzab Allah.

سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

sayaṣlā nāran żāta lahab

3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

wamra`atuh, ḥammālatal-ḥaṭab

4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.

3-4. Allah mengabarkan bahwa Abu Lahab akan merasakan panasannya api neraka dan diadzab dengan nyala apinya, (dia dan isterinya Ummu Jamil) sebagai balasan permusuhannya dan celaannya kepada Nabi ﷺ, serta penghinaan dan ragu kepada jalan Nabi ﷺ.

فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

fī jīdihā ḥablum mim masad

5. Yang di lehernya ada tali dari sabut.

Kemudian Allah jelaskan bahwa Ummu Jamil akan diikat diseputar lehernya dengan tali yang terbuat dari serabut kayu yang keras hingga binasa dengan adzab pada hari kiamat; Sebab pernah ia membawa tali yang terbuat dari (serabut) pohon yang tajam dan, kemudian di letakkan pada jalan yang dilewati oleh Nabi ﷺ; Maka dengan perbuatannya ini Allah jadikan adzab yang semisal dengannya di neraka jahannam, karena balasan sesuai dengan amalan.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!