Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat al-Fiil

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

Arab-Latin: a lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

Terjemah Arti: 1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia

Surat ini dimulai dengan ditujukan kepada Nabi ﷺ, Allah berkata : Apakah engkau tahu wahai Nabi Allah apa yang Tuhanmu perbuat terhadap tentara bergajah ? Dan kisah dari tentara bergajah ini adalah, Abraham pada waktu itu membangung gereja besar di Shan’a (Yaman); Tujuannya agar manusia berpindah haji mereka dari Ka’bah menuju ke gereja, dimana hal tersebut membuat manusia yang berhaji ke Mekkah marah. Kemudian Abraham dengan mudahnya mengutus pasukan besar menuju Mekkah, maka ketika pasukan telah sampai di lembah Muhassir yang terletak antara Muzdalifah dan Mina, maka Allah utus bagi mereka adzab yang disebutkan dalam surat ini, dan binasalah mereka semua.

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ

a lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl

3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,

تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ

tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,

2-4. Mereka ini menginginkan untuk merobohkan Ka’bah wahai Nabi Allah, Bukankah Allah membuat mereka binasa dan menjadikan tipu daya mereka serta usaha mereka dalam menghancurkan Ka’bah sia-sia dan kerugian (bagi mereka) ? Dimana Allah telah mengutus burung-burung yang mendatangi (pasukan Abraham) secara bergerombol antara satu sama lainnya menjatuhkan adzab yang masing-masing burung membawa tiga buah batu, setiap satu burung melemparkannya dan bagi setiap pasukan dijatuhkan satu batu. Dan masing-masing batunya telah tertulis masing-masing nama yang akan dibinasakan. Dikatakan juga tertulis (bagaimana/cara) di adzabnya.

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl

5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Allah menjelaskan ketika batu-batu ini dijatuhkan kepada masing-masing pasukan, mereka di uji dengan penyakit cacar dan Aku jadikan mereka orang binasa sebagaimana kertas-kertas kering yang bertaburan yang jatuh ke bumi, dan dengan ringan disapu oleh angin dan berhamburanlah. Nabi dilahirkan setelah kejadian pasukan bergajah ini atau di tahun gajah ini.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!