Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat al-Ashr

وَالْعَصْرِ

Arab-Latin: wal-‘aṣr

Terjemah Arti: 1. Demi masa.

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ

innal-insāna lafī khusr

2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia

1-2. Allah bersumpah dengan waktu atau zaman, dikarenakan di dalamnya (zaman) adalah jembatan dari segi berjalannya malam dan siang. Di dalamnya, manusia menjadi orang-orang yang merugi dalam amalan, sepanjang kehidupannya; Karena manusia akan berlalu (kehidupannya) dengan sekejap. Manusia seperti pedagang, kecakapannya dan hartanya jika telah dikuasai, akan dihabiskan untuk berfoya-foya dan bersenang-senang sampai maut mendatanginya; Maka (manusia) seperti ini yang di akhirat menjadi orang-orang yang merugi.

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang berhasil dan menang secara hakiki adalah mereka yang di sifati dengan empat sifat dan ia adalah : Yang pertama manusia yang beriman kepada Allah dan mengikuti Rasul ﷺ dan beramal dengan syariat islam, yang kedua yaitu mereka yang beramal dengan amalan shalih, yang ketiga yaitu yang berwasiat dengan wasiat (di atas) kebenaran atau mewasiatkan sebagiannya atas sebagian yang lainnya agar kokoh di atas kebenaran, yang keempat yaitu mereka yang berwasiat dengan kesabaran di atas tekanan. Aku meminta kepada Allah agar sebagaimana (kondisi) mereka. Imam Syafi’i berkata : Kalau seandainya Allah tidak menurunkan kepada manusia kecuali surat ini, maka sudah mencukupi mereka (manusia); Karena kesempurnaannya yang terkandung atas seluruh ilmu-ilmu di dalam Al Qur’an.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!