Keutamaan Membaca Al Quran Yang Wajib Kamu Ketahui

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Kitab suci umat islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW adalah pedoman bagi umat islam. Di dalamnya terdapat syafaat yang sangat besar jika kita telaah dengan baik. Bayangkan saja luasnya bumi dan seisinya ini sudah terangkum di dalam surah Al Quran.

Jadi kita sebagai umat islam wajib mempelajarinya dengan baik dan benar, lantas apakah anda sudah menerapkannya? Jika belum mulailah dari sekarang karena kita tidak akan pernah tahu umur kita, selagi ada kesempatan luangkanlah untuk belajar walaupun itu hanya satu ayat. Nah, untuk memotivasi sebelum belajar anda harus tahu apa saja keutamaan membaca Al Quran bagi kehidupan dan akhirat nantinya. Jadi, untuk anda yang penasaran simak ulasannya berikut ini.

Pentingnya Membaca Al Quran

Sebagai umat islam tentunya kita harus berpegang teguh pada Al Quran dan As Sunah. karena di dalamnya terdapat sumber hukum yang pertama untuk umat islam. Untuk memperkuat keutamaan membaca Al Qur’an terdapat dalilnya. Berikut firman Allah dalam surat Faathir ayat 29 yang intinya mengatakan jika seseorang yang membaca kitab Allah dan menunaikan ibadah solat dan memberi nafkah dari sebagian rizkinya nescaya akan mendapatkan anugerah yang diberikan secara diam-diam atau secara terang-terangan, jadi perniagaan yang mereka kerjakan tidak akan pernah merugi.

Mempelajari Al Qur’an anda tidak akan pernah merasa rugi karena surah yang terkandung di dalam Al Qur’an terdapat ilmu yang sangat mulia, hal inilah yang membuat umat islam dianjurkan untuk mempelajarinya, selain itu anda juga diharuskan untuk mengajarkan apa yang sudah anda pelajari kepada orang lain, karena jika kita mengajarkan kepada mereka dengan ikhlas ilmu yang anda dapatkan tidak akan berkurang justeru semakin bertambah dan akan menjadi bekal amal jariah anda nantinya.

Jadi sangat penting untuk anda membaca Al Qur’an, jangan mengaku umat yang beragama jika tidak pernah membaca kitab suci umat islam tersebut. Walaupun anda masih dalam tahap belajar sekalipun, justru sangat bagus untuk dilakukan walaupun anda membaca tersendat-sendat karena anda akan mendapatkan dua pahala sekaligus. Selain membaca anda juga diharuskan untuk menghafalkan dan mempelajarinya. Lantas apa saja keutamaan membaca al qur’an, simak penjelasannya berikut ini.

Keutamaan Membaca Al Qur’an

1. Menjadi Syafaat Di Hari Kiamat

Keutamaan membaca Al Qur’an yang pertama adalah menjadi syafaat di hari kiamat nantinya. Salah satu sahabat Rasulullah yang bernama Abu Umammah ra berkata jika beliau mendengar Rasulullah saw bersabda baca lah Al Qur’an karena Al Qur’an akan tiba diyaumul akhir nanti dan akan memberikan syafaat atau pertolongan bagi umat islam yang senantiasa membacanya.

2. Mendapatkan Ketenangan Dan Rahmat Dari Allah SWT

Manfaat yang selanjutnya adalah mendapatkan ketenangan yang akan diberikan Allah. Rasulullah bersabda “ lantunkanlah ayat-ayat Al Qur’an pada tiap-tiap rumah dan mempelajarinya, arena nescaya anda akan mendapatkan ketenangan dan juga Rahmat dan juga akan dilingkari oleh malaikat bahkan Allah akan memuji hambanya yang taat.

3. Mendapatkan Shalawat Dan Do’a Dari Malaikat

Sa’ad bin Abi Waqas berkata jika anda mengakhatambakan Al Qur’an dan waktunya tepat pada permulaan malam akan ada malaikat yang bershalawat dan berdoa untuk anda sampai waktu subuh. Dan jika anda khatam pada akhir malam, malaikat akan bersholawat dan berdoa sampai waktu sore dari HR Ad-Darimi.

4. Mendapatkan Pahala Yang Berlipat Ganda

Nabi Muhammad saw bersabda, bagi siapa saja yang membaca Al Qur’an walaupun itu hanya satu huruf maka akan mendapatkan kebaikan. Dengan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Jadi untuk anda umat islam jangan pernah beralasan tidak mempunyai waktu untuk membacanya, jika anda sudah meniatkan untuk membaca maka anda akan membacanya walaupun itu hanya satu ayat saja. Karena lebih baik membaca satu ayat dibandingkan tidak sama sekali.

5. Orang Tua Dan Anak Yang Membaca Al Qur’an Akan Mendapatkan Pahala

Untuk anda yang ingin mendapatkan pahala untuk orang tua anda bisa mempelajari dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, dengan begitu kelak orang tua anda akan dipakaikan mahkota yang terbuat dari cahaya yang sinarnya menyerupai matahari, orang tua anda juga akan dikenakan perhiasan yang harganya melebihi dunia ini.

Keutamaan Membaca Al Qur’an Dan Menghafalkan Al Qur’an

  • Keutamaannya Allah akan memuliakan bagi siapa saja yang menghafal dan mengamalkannya
  • Akan dicintai Rasulullah saw
  • Memberikan syafaat bagi keluarganya
  • Bagi penghafal Al Qur’an hatinya tidak akan disiksa
  • Menghafalkan Al Qur’an akan menjadi bekal di akhirat kelak
  • Bagi siapa saja penghafal Al Qur’an akan menjadi keluarga Allah
  • Memiliki kedudukan di dunia yaitu sebagai imam sholat
  • Tidak termasuk orang yang kan disindir oleh Rasulullah saw
  • Penghafal Al Qur’an adalah golongan yang paling dihormati

Adab-Adab Membaca Al Qur’an

  • Bagi anda yang ingin membaca Al Qur’an anda wajib membaca secara ikhlas supaya anda bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda
  • Sebelum membaca Al Qur’an anda harus membaca ta’awudz terlebih dahulu, setelah itu bacalah basmalah pada tiap awal surat yang akan dibaca
  • Ketika akan membaca Al Qur’an anda harus memperhatikan, mendengarkan dan menjiwai dengan sepenuh hati sehingga anda bisa khusyu’ dalam membacanya dan merenungkan apa saja yang terkandung dalam surat yang and abaca
  • Saat membaca Al Qur’an anda bisa memperindah bacaan anda, usahakan anda merenungkan setiap ayat yang anda baca dan menghayati sampai anda berlinang air mata
  • Dengan membaca Al Qur’an anda bisa merubah akhlak anda seperti yang dianjurkan dalam Al Qur’an. Jangan sampai anda membaca Al Qur’an namun perangai anda buruk bahkan ada orang yang justru mendapat laknat karena kesalahan menafsirkan dan membaca membaca Al Quran

Berikut Ini Peringatan Bagi Umat Islam Tentang Al Qur’an

  • Banyak orang yang salah mengartikan Al Qur’an bahkan yang paling parahnya membaca Al Qur’an untuk kepentingan dunia hal ini tentunya tidak dibenarkan dalam islam oleh karena itu ketika anda ingin membaca Al Qur’an jangan sampai anda memiliki sifat riya’ karena jika anda memiliki sifat tersebut anda tidak akan pernah mendapatkan pahala
  • Peringatan untuk umat islam yang kedua adalah jangan sampai anda menyalahgunakan Al Qur’an untuk kepentingan dunia dengan mencapai tujuan-tujuan yang bisa membutakan mata hati anda
  • Dan yang terakhir adalah anda tidak boleh ghuluw

Manfaat Mempelajari Tajwid Dalam Membaca Al Qur’an

  • Mengetahui dan mempraktekannya dengan cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
  • Dengan mempelajari tajwid anda bisa terhindar dari yang namanya kesalahan dalam membaca Al Qur’an
  • Belajar tajwid adalah sebagai bentuk adab dan tata krama
  • Sebagai ibadah
  • Menjaga kemurnian Al Qur’an

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan mengenai pembahasan keutamaan membaca Al Qur’an dan menghafalkannya. Semoga dengan ulasan tersebut dapat menambah wawasan anda.

Quran Madinah Utsmani