Nama Lain Al Quran Dan Juga Kandungan Di Dalamnya

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Kitab suci Al Quran adalah sebuah kitab yang dimiliki oleh orang yang memegang teguh akan agama Islam, tentunya orang tersebut juga memiliki agama Islam. Ternyata nama lain al Quran memang banyak sekali. Untuk lebih jelasnya artikel ini akan sedikit membahas terkait hal tersebut dan juga tentang kitab suci Al Quran.

Nama lain dan makna dari kitab suci Al Quran

Nama lain dan makna dari Al Quran memang banyak sekali tertuang pada kitab suci tersebut. Berikut ini merupakan beberapa nama lain Al Quran dan juga maknanya.

  • Azzikri

Nama lain dari Al Quran yang pertama adalah Azzikri. Azzikri sendiri memiliki arti bahwa semua yang terkandung didalaam al Quran adalah sebuah pengingat dan juga bisa sebagai tuntunan. Pada dasarnya di dalam kitab suci Al Quran sudah terdapat tugas atau kewajiban manusia pada kehidupan di dunia. Salah satu tugas manusia pada kehidupan didunia ini adalah menjaga kehancuran duni dari kerusakan yang disebabkan oleh ulah manusia yang sangat tidak bertanggung jawab.

  • Alwahyu

Nama lain dari Al Quran yang selanjutnya adalah Alwahyu. Dimana nama Alwahyu sendiri memiliki arti sebagai pembawa pesan kepada semua umat manusia tanpa terkecuali. Pesan yang disampaikan atau yang dibawa oleh kitab suci Al Quran sendiri tidak bisa habis atau dapat berlaku hingga pada saat akhir zaman tiba. Selain kitab suci Al Quran tidak akan ada satupun atau suatu apapun yang bisa dan mampu menggantikannya.

  • Kalamullah

Nama lain dari Al Quran yang selanjutnya adalah Kalamullah. Arti dari Kalamullah adalah perkataan atau bisa diartikan sebagai firman Allah.

  • Al kitab

Nama lain dari Al Quran adalah Al Kitab. Al kitab sendiri memiliki arti sebuah buku. Nama ini juga terdapat pada surah Al-Baqarah pada ayat 2.

  • Al hudaa

Nama lain dari Al Quran adalah al hudaa merupakan sebuah petunjuk dan juga pedoman untuk kehidupan manusia ketika melakukan semua tindakan dalam hidupnya.

Kandungan yang terdapat didalam Al Quran

Kitab Suci Al Quran selain memiliki nama lain Al Qurannya yang banyak ternyata kitab suci agama islam tersebut juga memiliki berbagai macam kandungan didalamnya. Berikut ini merupakan kandungan dan juga makna yang terdapat didalam kitab suci Al Quran.

Aqidah / Akidah
Kitab suci Al Quran mengajarkan kaidah untuk manusia agar memiliki sebuah kepercayaan yang notabenya harus dimiliki oleh setiap manusia pada alam semesta ini. Akidah yang diajarkan didalam kitab suci Al Quran adalah sebuah akidah tauhid. Di mana akidah tersebut adalah sebuah akidah yang mengharuskan manusia yang menganut agama islam untuk percaya dan juga memiliki keyakinan akan percaya kepada Allah SWT. Percaya kepada Allah SWT juga sudah tertuang didalam rukun iman yang pertama.

Ibadah

Kandungan yang terdapat didalam kitab suci Al Quran adalah ibadah. Ibadah merupakan sebuah bentuk dari ketaatan yang harus dijalankan atau dikerjakan semata-mata untuk mendapatkan sebuah ridho dari Allah SWT. Bentuk dari ibadah sendiri sebenarnya sudah tertuang di dalam rukun islam. Dimana seseorang harus mengucapkan kalimat syahadat, seseorang harus menjalankan sholat lima waktu yang notabene adalah suatu kewajiban, lalu seseorang harus membayar zakat, selain itu ketika datangnya atau bertepatan dengan bulan ramadhan (bulan puasa) seseorang harus melakukan sebuah ibadah puasa dengan ketentuan yang berlaku, dan juga melakukan sebuah ibadah haji bagi mereka yang mampu menjalankannya.

Akhlaq / Akhlak
Kandungan yang terdapat didalam kitab suci Al Quran yang selanjutnya adalah Akhlaq/Akhlak. Akhlak sendiri merupakan sebuah perilaku baik atau sebuah perilaku yang tidak tercela. Pada masa lalu Allah telah mengutus Nabi Muhammad SAW untuk bisa memperbaiki akhlaq yang dimiliki oleh manusia didunia ini. Pada dasarnya manusia harus mengikuti perintahnya dan juga menjauhi semua larangnya agar kelak pada kehidupan kedua didalam akhirat bisa memiliki kehidupan yang baik atau masuk kedalam surga.

Hukum

Kandungan didalam kitab suci Al Quran juga tenang hukum. Hukum yang terdapat didalam al Quran bisa dibilang memberikan kepada mereka yang beriman untuk memberikan suatu hukuman kepada manusia yang memang pada dasarnya terbukti bersalah akan perbuatannya. Selain itu hukum didalam Agama islampun dibagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis hukum tersebut adalah sebagai berikut jinayat, mu’amalat, munakahat.

Peringatan / Tadzkir

Kandungan lain yang terdapat didalam kitab suci Al Quran adalah tentang tadzkir atau peringatan. Peringatan disini dapat diartikan sebagai sesuatu yang memberikan suatu ancaman berupa peringatan kepada manusia. Selain iu ancaman dari Allah SWT juga bisa merupakan sebuah siksa neraka. Tidak semua peringatan atau tadzkir merupakan sebuah hal penyiksaan, bisa juga merupakan sebuah kabar gembira akan kenikmatan surga. Akan tetapi kenikmatan surga tersebut hanya bisa didapatkan oleh mereka yang beriman kepada Allah SWT.

Sejarah-Sejarah atau Kisah-Kisah

Sejarah yang terdapat didalam kitab suci Al Quran merupakan salah satu kandungan Alquran. Sejarah didalam Al Quran merupakan sebuah cerita yang dimana cerita tersebut menceritakan kejayaan manusia akan ketaannya kepada Allah SWT dan juga kebinasaan manusia yang disebabkan karena ketidaktaannya kepada Allah SWT.

Dorongan Untuk Berpikir

Didalam kitab suci Al Quran banyak sekali ayat yang membahas tentang perlunya pemikiran manusia untuk bisa mendapatkan manfaat dan juga bisa menjadikan sesuatu sebagai bukti akan kebenaran. Kebenaran tersebut terutama terkait dengan alam semesta.

Cara agar dapat dekat terhadap Al Quran

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri kepada Al Quran seperti kita bisa meluangkan waktu untuk membaca Al Quran. Membangun sebuah generasi yang bisa diajak untuk lebih cinta terhadap Al Quran. Mengamalkan kandungan ayat didalam Al Quran. Memahami akan bacaan Al Quran.

Karakteristik Al Quran

Kitab suci Al Quran merupakan sebuah kitab yang memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik dari kitab suci tersebut adalah seperti Al-Quran merupakan sebuah Kitab Ilahi, kitab suci Al Quran merupakan sebuah kitab suci yang terpelihara. Selain itu kitab suci Al Quran merupakan sebuah mukjizat. Al Quran merupakan sebuah kitab yang sangat mudah dipahami, selain itu Al Quran merupakan sebuah kita suci penjelas. Al Quran juga merupakan sebuah kitab suci seluruh zaman. Al Quran merupakan sebuah kitab suci yang notabenya merupakan kitab suci yang lengkap.

Keistimewaan di dalam Al Quran

Hal yang tak kalah menakjubkan selain nama lain Al Quran adalah tentang keistimewaan yang terdapat didalam Al Quran. Beberapa keistimewaan dari Al Quran adalah sebagai berikut ini:

  • Keistimewaan dari kitab suci Al Quran merupakan salah satu penunjuk dan juga merupakan sebuah rahmat bagi mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
  • Kitab suci Al Quran merupakan sebuah bentuk dari informasi untuk menceritakan atau menggambarkan tentang nabi dan juga umatnya yang terdahulu memiliki beberapa aturan dan juga cara untuk menyembah kepada Allah SWT.
  • Kitab suci Al Quran merupakan sebuah kitab suci yang paling akhir dan merupakan sebuah kitab suci yang terjamin akan keasliannya.
  • Kitab suci Al Quran sampai kapanpun tidak bisa disingkirkan oleh ide-ide yang dimiliki oleh pemikiran manusia.
  • Ketika kita membaca dan juga mempelajari semua isi yang tertuang dalam kitab suci agama Islam tersebut, maka kegiatan tersebut bisa dibilang sebagai sebuah ibadah dan juga akan dihitung akan pahalanya.
  • Al Quran merupakan sebuah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT. Selain itu kitab suci Al Quran merupakan sebuah kitab yang dipeluharan oleh Allah SWT.
  • Pembenar dari kitab-kitab sebelumnya (kitab-kitab yang terdahulu).
  • Kitab suci Al Quran merupakan sebuah kitab yang menjadi pembenaran dari beberapa kitab suci sebelumnya atau terdahulunya.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!