8 Keutamaan Al-Quran yang Wajib Anda Ketahui

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Keutamaan Al quran – Sebagai kitab suci Umat Islam, memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Namun, inilah 8 di antara keutamaan itu yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Keutamaan Al quran – Perkataan Tuhan semesta alam

Quran adalah firman Tuhan dunia yang Allah ungkapkan kepada utusan-Nya Muhammad, untuk membimbing dan membawa umat manusia keluar dari kegelapan ke dalam cahaya:

2. Quran sebagai penyembuhan dan rahmat ilahi

Ini adalah Keutamaan Al quran yang kedua. Allah menggambarkan Quran sebagai ‘penyembuhan dan rahmat bagi orang-orang beriman’. Allah berfirman:

Dan Kami turunkan dari Al-Quran bahwa yang merupakan penyembuhan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (dalam Monoteisme Islam dan bertindak atas dasar itu), dan itu meningkatkan Zalimoon (musyrik dan pelaku kejahatan) tidak lain dari kerugian. [Surah Al-Isra, 17:82]

Ibn al-Qayyim (semoga Allah merahmatinya) mengatakan tentang manfaat Alquran dan Dzikir (mengingat Allah):

Kami dan orang lain telah mencoba ini pada banyak kesempatan dan kami telah melihat bahwa itu bekerja dengan cara yang tidak dilakukan perbaikan fisik. Memang kita sekarang menganggap obat fisik sebagai dokter menganggap obat rakyat. Ini sesuai dengan hukum kebijaksanaan ilahi, tidak bertentangan dengan itu, tetapi penyebab penyembuhan banyak dan beragam sebagai Keutamaan Al quran.

Diketahui bahwa ketika roh seseorang tinggi dan tubuhnya dalam kondisi baik, mereka bekerja sama dalam menangkal penyakit dan menekannya, jadi jika seseorang dalam semangat tinggi dan kondisi fisik yang baik, menemukan kenyamanan karena dekat dengan Penciptanya, mencintai-Nya, menikmati zikir (zikir), mencurahkan seluruh kekuatan dan kekuatannya demi-Nya dan memusatkan perhatian pada-Nya, mencari bantuan-Nya, menaruh kepercayaan kepada-Nya, bagaimana orang dapat menyangkal bahwa ini (Al-Quran) adalah obat terbesar atau yang kekuatan spiritual ini memberinya sarana untuk menangkal rasa sakit dan mengalahkannya sepenuhnya? Sungguh inilah Keutamaan Al quran.

Tidak ada yang akan menyangkal hal ini kecuali orang-orang yang paling bodoh, mereka yang paling jauh dari Allah dan yang paling keras hati serta tidak menyadari sifat manusia.

3. Imbalan Membaca Al-Quran dalam Qiyaam Al-Layl (Doa Malam Hari Sebelum Subuh)

Kita semua tahu dari Al-Quran dan Hadits tentang imbalan yang tak terhitung jumlahnya dan manfaat dari berdoa dan membaca Al-Quran selama doa malam (sepertiga terakhir malam). Ini merupakan salah satu Keutamaan Al quran yang paling banyak diamalkan.

Seperti yang dinyatakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh ‘Abd-Allah ibn‘ Amr ibn al-‘Aas (ra dengan mereka berdua), di mana Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

Siapa pun yang membaca sepuluh aayaat (ayat) dalam qiyaam tidak akan dicatat sebagai salah satu yang pelupa. Siapa pun yang membacakan seratus aayaat (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah seorang yang beriman, dan siapa pun yang berdoa seribu aayaat (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu muqantareen (mereka yang menimbun perbuatan baik). ” (Dikatakan oleh Abu Dawood dan Ibn Hibbaan. Ini adalah kutipan oleh Hasan. Saheeh al-Targheeb, 635).

4. Keutamaan Al quran di bulan Ramadhan

Al-Quran bahkan memiliki arti penting yang lebih penting di bulan Ramadhan, bulan puasa. Allah berfirman:

Bulan Ramadhan di mana diturunkan Al-Quran, petunjuk untuk umat manusia dan bukti yang jelas untuk pedoman dan kriteria [Surah al-Baqarah 2: 185]

Jibreel biasa datang ke Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) setiap malam di bulan Ramadhan, dan belajar Alquran bersamanya. Diceritakan oleh al-Bukhaari, 5; Muslim, 4268.5.Manfaat melafalkan surah Al-Quran tertentu (bab)

Berikut ini adalah hadits otentik mengenai manfaat Surat-surat tertentu. Muhammad SAW mengatakan:

Ada surah Al-Quran yang berisi tiga puluh ayat yang telah menjadi perantara bagi seseorang sampai ia diampuni. Ini adalah soorah Tabaarak alladhi bi yadihi’l-mulk. Diceritakan oleh al-Tirmidzi, 2891; Ahmad, 7634; Abu Dawood, 1400; Ibn Maajah, 3786. Hadits ini digolongkan sebagai hasan oleh al-Tirmidzi dan oleh al-Albaani di Saheeh al-Tirmidzi, 3/6 tentang Keutamaan Al quran.

6. Status Seorang Muslim Dibesarkan oleh Al-Quran

Status Musilm dinaikkan oleh Al-Quran. Jadi, semakin Anda membaca Quran dan mengikuti perintahnya dan menjadikan Quran bagian dari hidup Anda, semakin Allah akan meningkatkan status Anda dalam kehidupan ini dan selanjutnya.

Muslim Shahih menyebutkan sebuah kisah di mana beberapa pria datang untuk menanyai Umar ibn Al-Khattaab selama khilaafahnya tentang kepemimpinan Mekah, mereka bertanya, “Siapa yang Anda gunakan untuk memerintah Mekah?” Dia berkata, “Ibnu Abzaa.” Mereka bertanya, “Dan siapa Ibn Abzaa?” Umar menjawab, “Seorang budak yang dibebaskan dari orang-orang yang kita bebaskan.” Mereka berkomentar, “Anda meninggalkan seorang budak yang dibebaskan yang bertanggung jawab atas orang-orang di Lembah (suku-suku bangsawan Quraisy)?” Jadi dia menjawab mereka, “Sesungguhnya dia adalah pembaca Kitab Allah dan berpengetahuan tentang kewajiban umat Islam. Pernahkah Anda mendengar pernyataan dari Utusan Anda: “Sesungguhnya Allah membangkitkan beberapa orang dengan Kitab ini dan menurunkan yang lain dengan itu.”

‘Uthmaan, ra dengan dia, mengatakan bahwa Nabi (sallAllahu‘ alaihi wa sallam) mengatakan:

Yang terbaik dari Anda adalah orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain “[Al-Bukhari]

Diceritakan Aisha: Nabi berkata,

Orang seperti itu yang membaca Alquran dan menguasainya dengan hati, akan bersama para ahli Taurat yang mulia (di Surga). Dan orang semacam itu berusaha keras untuk mempelajari Al-Quran dengan hati, dan membacanya dengan susah payah, akan mendapat ganjaran ganda. ” (buku # 60, Hadis # 459)

7. Keutamaan Al quran  – Sebagai Hadiah Bimbingan Allah

Quran adalah Kitab Allah untuk seluruh umat manusia:

8. Wahyu Terakhir Allah bagi Manusia

Orang-orang Muslim percaya bahwa Alquran berada dalam bentuk persisnya seperti yang diungkapkan oleh Allah pada Nabi Muhammad (SAW). Semua buku lain yang terungkap kecuali Al-Quran telah diubah dan didistorsi seiring waktu. Al-Quran adalah dan akan tetap, utuh dalam bentuk aslinya sampai Hari Pengadilan. Allah telah menurunkan Al-Quran kepada kita dan menjamin untuk melestarikannya, memikul tanggung jawab atas pemeliharaannya hingga hari terakhir. Allah berfirman:

“Kami yang telah menurunkan Dzikir (mis. Al-Quran) dan tentunya, Kami akan menjaganya (dari korupsi).” [Surah Al-Hijr, 15: 9]

Al-Quran adalah satu-satunya tulisan suci agama yang telah beredar untuk waktu yang lama namun tetap murni seperti pada awalnya. Itu telah disimpan utuh. Tidak ada yang ditambahkan ke dalamnya; tidak ada yang berubah di dalamnya; dan tidak ada yang diambil darinya sejak pengungkapannya lebih dari 1400 tahun yang lalu. Kata-kata dalam Al-Quran adalah kata-kata Allah, itulah Keutamaan Al quran yang sesugguhnya.

Nah, sobat sekalian, itulah beberapa keutamaan Al quran beserta dalil yang mendasarinya. Semoga dengan mengetahui keutamaannya, kita menjadi semakin rajin dalam mengkaji al quran dan kita semua mendapatkan rahmat serta hidayat-Nya melalui Keutamaan Al quran.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!