Tadabbur Adalah Merenung

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Sebagai seorang muslim kamu pasti sudah mengerti tentang apa yang dimaksud dengan tadabbur atau yang terkadang lebih dikenal dengan nama tadabbur alam. Yups, tepat sekali. Secara umum tadabbur adalah memahami makna dalam lafal yang ada di Al Qur’an.

Namun, adakah pengertian lain tentang tadabbur? Lalu, apa manfaat dan fungsi dari tadabbur? Mengapa tadabbur harus dilakukan? Serta bagaimana tata cara paling tepat untuk melakukan tadabbur? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan mengenai tadabbur berikut ini.

Pengertian Tadabbur

Secara umum, pengertian tentang tadabbur telah disinggung di atas. Namun, tahukah kamu? Bahwa ada banyak pengertian lain tentang tadabbur. Ada yang mengatakan jika tadabbur adalah sarana pembelajaran yang digunakan untuk mengenal Allah. Ada pula yang mengatakan bila pengertian dari tadabbur, yaitu perenungan yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui makna serta maksud dari suatu ungkapan secara mendalam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tadabbur merupakan fokus hati yang berguna memikirkan makna dari sesuatu yang diucapkan. Termasuk mengetahui arti serta maksud dari sebuah ayat yang dibaca dalam Al Qur’an.

Fungsi Tadabbur

Secara garis besar pengertian tadabbur memang cukup sederhana. Namun, tahukah kamu? Bila fungsi dari tadabbur ternyata tak sesederhana pengertiannya. Sebab tadabbur memiliki fungsi yang sangat luar biasa. Fungsi-fungsi yang dimaksud, meliputi :

  • Sebagai wujud dan bentuk rasa syukur atas segala rahmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
  • Mendekatkan diri kepada alam dan lingkungan sekitar ( khusus tadabbur alam ).
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT secara khusus, serta
  • Membersihkan diri dan jiwa dari berbagai energi negatif yang mungkin telah lama tinggal di dalam hati dan pikiranmu.

Selain keempat fungsi tersebut, sebenarnya masih ada banyak fungsi lain dari tadabbur. Namun dari banyaknya fungsi, keempat hal di atas merupakan fungsi utama dari tadabbur.

Tanda-tanda Tadabbur

Layaknya bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT lainnya, tadabbur tentu juga memiliki tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu telah melakukan tadabbur. Namun kira-kira, apa saja sih tanda dari tadabbur? Berikut adalah beberapa tanda yang akan muncul ketika kamu sedang melakukan tadabbur.

  • Menangis karena takut akan kehadiratan Allah SWT.
  • Gemetar takut kepada Allah, namun tetap memohon pengharapan serta ketenangan kepada-Nya.
  • Menyatunya pikiran dan hati ketika sedang membaca ayat-ayat dalam Al Qur’an.
  • Bertambahnya kekhusyukan saat beribadah.
  • Bertambahnya iman
  • Selalu merasa bahagia dan gembira, serta
  • Melakukan sujud sebagai salah satu bentuk pengagungan terhadap Allah

Manfaat Tadabbur

Melihat banyaknya fungsi dari tadabbur yang telah dibahas di atas, dapat dilihat bahwa manfaat dari tadabbur juga akan sebanyak fungsi yang telah disebutkan. Memangnya apa sih manfaat dari tadabbur? Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tadabbur. Namun, manfaat yang paling utama dan pasti didapatkan, yaitu :

  • Mendapatkan cahaya dalam kehidupan. Seperti halnya yang kita ketahui, jalan kehidupan manusia umumnya penuh dengan kegelapan. Untuk itu, agar tidak jatuh dalam jurang kegelapan maka kamu harus menemukan cahaya kehidupan guna menerangi jejak langkahmu. Nah tadabbur ini menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan cahaya kehidupan. Sehingga kamu bisa menjauh dari jurang kegelapan.
  • Mendapatkan furqan. Furqan merupakan pembeda antara hak dab batil. Sehingga dengan adanya furqan dapat membimbing serta mengarahkan kamu keluar dari jurang keraguan serta kebingungan. Sebab manusia sering merasa dalam sebuah kebimbangan dikarenakan ilmunya yang hanya sedikit.
  • Mendapatkan sebuah hidayah. Dimana bila kamu sudah terlanjur masuk dalam jurang kegelapan, kamu akan mendapatkan petunjuk dan jalan keluar untuk menuju jalan yang bercahaya.

Kategori Tadabbur

Tahukah kamu? Bahwa tadabbur dibagi ke dalam tiga kategori tingkatan. Ketiga tingkatan tersebut terdiri dari tadabbur mudah, tadabbur sedang dan tadabbur sulit. Tadabbur mudah biasanya ditujukan untuk kamu yang baru akan memulai menjalani tadabbur. Dalam tadabbur sedang kamu hanya akan berhenti di penerapan makna ayat dan mengaitkannya kehidupan sehari-hari. Sedangkan tadabbur sulit hanya dilakukan oleh kamu yang sudah profesional. Dimana selain mengaplikasikan makna ayat dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga harus mengamalkan kesimpulan yang didapatkan dari ayat, serta melakukan perenungan secara mendalam mengenai rahasia-rahasia Allah dibalik ayat-ayat yang diturunkannya.

Langkah-langkah Melakukan Tadabbur

Untuk melakukan tadabbur, ada beberapa langkah sederhana yang harus dilakukan secara runtut. Beberapa langkah tersebut, meliputi :

  • Membaca Ayat yang Telah Dipilih

Langkah pertama untuk melakukan tadabbur tentunya adalah memilih ayat dalam Al Qur’an. Setelah itu, baca ayat dengan bacaan tadabbur.

  • Menghafalkan Ayat yang Dibaca

Dengan menghafalkan ayat yang dibaca dipercaya mampu membuat kamu semakin memahami dan menikmati proses dari tadabbur. Oleh karenanya proses ini tidak boleh dilewatkan. Hafalkanlah ayat yang telah dibaca secara perlahan.

  • Menuliskan Ayat dan Mencari Tahu Terjemahannya per Kata

Ketika kamu telah hafal ayat yang dibaca dalam tadabbur, maka langkah selanjutnya adalah dengan menuliskan ayat per kata. Penulisan ayat ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk memperkuat ingatan tentang ayat yang telah dihafalkan.

Kemudian, jangan lupa cari terjemahan per kata dari ayat yang sudah dituliskan. Pencarian terjemahan ini berfungsi untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa arab milikmu. Selain itu, penerjemahan ini juga penting untuk memahami tadabbur ayat dalam Al Qur’an.

  • Tarik Kesimpulan dan Terjemahan Keseluruhan Ayat

Setelah mengetahui terjemahan per kata dari ayat yang dibaca, maka langkah selanjutnya adalah tarik kesimpulan dari terjemahan per kata dan buat sebuah terjemahan ayat secara keseluruhan. Dalam penerjemahan ayat secara keseluruhan kamu biasa menggunakan terjemahan ayat secara keseluruhan versi Departemen Agama RI sebagai sebuah pedoman.

  • Cari Tahu Makna Kebahasaan

Sebelumnya kamu telah menuliskan ayat dan menerjemahkannya per kata. Untuk itu kamu juga harus mencari makna kebahasaannya. Makna kebahasaan yang dimaksud di sini adalah mencari penafsiran dari ayat tersebut.

  • Membaca Tafsir Ringkas Ayat

Tafsir singkat adalah penjabaran makna sebuah ayat secara keseluruhan. Kamu diharapkan untuk membaca tafsir ringkas dari ayat yang dipilih karena tafsir ringkas akan membantu kamu dalam memahami makna yang terkandung dalam sebuah ayat. Bagi kamu yang sudah terbiasa ( lama melakukan tadabbur ) membaca tafsir mungkin sudah tidak diperlukan. Namun bagi kamu yang baru memulai dalam melakukan tadabbur, hal ini adalah sesuatu yang penting dan tak boleh dilewatkan begitu saja.

  • Ketahui Pesan Utama yang 

Dalam langkah ini, kamu diminta aktif untuk menghindari opini dan fokus serta teliti dalam memperhatikan ayat. Kemudian ambil pesan-pesan penting yang tersirat maupun tersurat dari ayat. Ambil apa adanya. Jangan ditambah ataupun dikurangi makna yang terkandung di dalamnya. Dari langkah terakhir ini, semakin kita pahami bahwa tujuan utama tadabbur adalah untuk mengambil makna dalam Al Qur’an dengan apa adanya sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan dalam tadabbur.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!