Ingin Tahu Cara Belajar Alquran dengan Mudah?

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Menjadi seorang muslim sudah tentu wajib hukumnya untuk memahami firman-Nya yang tertulis dalam kitab suci. Selain untuk memahami kitab suci, membaca al quran juga wajib hukumnya karena setiap sholat kita harus membaca surat – surat pendek yang terdapat di dalam al quran. Mungkin sudah banyak yang diajarkan al quran sejak kecil. Akan tetapi jika baru saja mendapat kesempatan belajar alquran saat sudah dewasa, apakah terlambat? Tentu saja tidak. Karena tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jika ingin mulai untuk belajar al quran anda dapat memulai darimana?

1. Mulailah mengenal huruf hijaiyah

Saat anda ingin memulai untuk belajar al quran maka anda dapat memulainya dengan belajar dari dasar yakni huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah  merupakan huruf ejaan dari bahasa arab itu sendiri dan bisa dikatakan sebagai bahasa asli dari alquran. Misalnya di huruf alfabet bahasa indonesia kita mengenal huruf dari A B C hingga Z begitu juga dengan huruf hijaiyah. Saat anda kecil dan memulai untuk belajar membaca bahasa indonesia maka anda akan terlebih dahulu diperkenalkan dengan alfabet yang terdapat dalam bahasa indonesia. Untuk itu, sebelum anda mulai untuk belajar al quran pun akan akan diperkenalkan terlebih dahulu dengan huruf hijaiyah. Dalam bahasa arab sendiri, huruf hijaiyah terdiri atas 29 macam sudah termasuk dengan alif. 

2. Mulai mengenal tanda baca atau harakat

Sama seperti ketika anda belajar membaca bahasa indonesia dimana setelah anda hafal dan paham dengan huruf alfabet maka anda akan dikenalkan dengan huruf vokal yang akan berfungsi membunyikan alfabet seperti huruf a,I,u,e dan o. Saat belajar alquran pun anda juga akan dikenalkan dengan tanda baca atau yang sering kali kita sebut sebagai harakat. Kenapa penting sekali untuk tahu tentang harakat? Karena harakat inilah yang akan menentukan proses pengucapan anda saat membaca huruf hijaiyah. Anda mungkin dapat mulai untuk membeli buku tajwid Alquran yang saat ini sudah sangat banyak beredar di toko buku terdekat selain itu anda juga dapat belajar langsung dari guru ngaji maupun ustad yang anda kenal baik. 

3. Saatnya mengenal tajwid

Selamat! Jika anda sudah sampai di tahap ini maka sedikit lagi akan bisa membaca alquran dengan baik dan benar. Ilmu tajwid dalam membaca alquran disebut juga sebagai ilmu yang digunakan untuk mengetahui pelafalan alquran dengan baik dan benar. Jika saat anda belajar bahasa inggris maka anda akan mengenal grammar, nah tajwid ini disebut juga sebagai grammarnya bahasa arab. Dalam bahasa arab terdapat berbagai jenis tajwid untuk dipelajari misalnya saja idgham, idzhar, ikhfa’ dan masih banyak lagi jenis lainnya. 

4. Jangan lupa selalu berlatih dengan giat!

Jika anda sudah cukup paham hingga tajwid maka tugas anda selanjutnya adalah selalu mengingat serta mengulanginya. Kalaupun anda belum begitu paham dan lancar membaca alquran tidak masalah, terus saja belajar alquran dengan tekun dan jangan mudah menyerah serta tidak boleh putus asa! Karena Allah menjanjikan pahala bagi hambaNya yang rajin membaca serta tentunya memahami dan mengamalkan apa saja yang tertulis di dalam Alquran. 

5. Mengetahui isyarat yang digunakan pada tanda baca

Jika di dalam bahasa indonesia anda mungkin tidak mengenal panjang pendek huruf, maka berbeda dengan belajar bahasa arab. Saat belajar alquran anda harus tahu isyarat tanda baca yang sering digunakan. Isyarat tersebut diantaranya sering kali disebut dengan mad. Contohnya mad aridlissukun dan mad wajib mutashi. Perbedaan kedua jenis mad ini terletak pada kalimat yang menjadi penentu. Misalnya, pada mad arid lissukun akan terjadi jika ada huruf mad yang bertemu salah satu huruf hijaiyah dan terletak di akhir kalimat. Cara membaca mad aridlissukun yakni dengan mematikan dulu lalu setelah itu dapat anda panjangkan. Selain mad aridlissukun, anda juga akan menemukan mad wajib mutashil, yakni mad yang terjadi jika ada huruf mad yang akan bertemu dengan hamzah di dalam satu kata. Cara membacanya dengan memanjangkan sebanyak lima harakat.

6. Jangan haya belajar teori, lakukan praktek agar lancar!

Membaca alquran tidak hanya bisa dilakukan hanya dengan teori saja namun tidak pernah mempraktikkannya setiap hari. Alangkah lebih baik jika saat anda membaca al quran anda juga memiliki mentor yang mampu menyimak serta membetulkan saat anda salah membaca. 

7. Sediakan waktu untuk membaca alquran

Jangan belajar membaca alquran sambil lalu, tapi sebaiknya anda punya waktu khusus. Minimal 1 jam perhari jauh lebih baik daripada 1 minggu 5 jam. Ingat pepatah sedikit demi sedikit lama – lama menjadi bukit bukan? Begitu juga prinsip belajar alquran anda bisa memulainya sedikit demi sedikit namun rutin dilakukan tiap harinya. Kesalahan yang seringkali dilakukan orang saat belajar alquran adalah mereka hanya menyediakan waktu sisa dari seluruh kegiatan yang dilakukan hari itu. Padahal seringkali waktu sisa itupun digunakan untuk kesibukan lain. Untuk itu anda memang harus menyediakan waktu khusus untuk belajar alquran.

8. Cari mentor

Jika anda sudah memiliki waktu khusus untuk belajar, langkah selanjutnya yakni anda dapat memiliki mentor atau guru ngaji. Kenapa anda membutuhkan guru ngaji? Seperti halnya belajar membaca dalam bahasa indonesia, maka belajar alquran memerlukan proses alangkah lebih baik jika anda memiliki guru privat karena anda dapat belajar lebih intensif dibandingkan beramai – ramai dengan banyak orang. Walaupun memang untuk belajar sendiri atau otodidak pun juga dapat anda lakukan, tetapi saat anda belajar secara otodidak yang akan dikorbankan adalah konsistensi, apakah anda tetap bisa konsisten belajar tanpa ada yang mengingatkan? Selain itu jika anda belajar secara otodidak, maka dapat dipastikan tidak ada yang dapat mengoreksi bacaan anda jika anda salah. 

Sebenarnya apa manfaat belajar alquran?

Allah SWT sudah sangat banyak membahas keutamaan membaca alquran dalam kitabNya. Namun, apakaha anda tahu keutamaan membaca alquran?

1.Allah mennjanjikan bahwa barang siapa yang membaca satu huruf saja dalam alquran maka akan mendapat balasan pahala sebesar 10 kali lipat. Bahkan dalam alif lam mim pahala yang terdapat didalamnya bukan alif lam mim sebagai satu huruf satu pahala, akan tetapi alif sebagai satu huruf, lam sebagai satu huruf satu pahala begitu pula dengan mim. 

2. Allah SWT juga berfirman bahwa barangsiapa yang membaca al quran maka akan diberikan ketentraman dalam jiwanya. Selain itu rumah dan masjid yang sering digunakan untuk membaca alquran pun dijanjikan agar memberikan ketenangan dalam jiwanya.

3. Rumah – rumah yang sering digunakan sebagai tempat membaca alquran juga dijamin akan dihadiri malaikat serta rumah yang awalnya sempit akan terasa lapang

Jadi, apakah anda masih ragu untuk belajar alquran? Apa anda tidak ingin mendapatkan begitu banyaknya manfaat membaca alquran?

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!