Daftar Surat Juz 30 Dan Sedikit Pembahasan Isinya

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Berikut adalah daftar surat pada juz ke-30 disertai dengan pembahasan isinya:

  • 78. An-Naba’ (40)
  • 79. An-Nazi’at (46)
  • 80. ‘Abasa (42)
  • 81. At-Takwir (29)
  • 82. Al-Infithar (19)
  • 83. Al-Muthaffifin (36)
  • 84. Al-Insyiqaq (25)
  • 85. Al-Buruj (22)
  • 86. Ath-Thariq (17)
  • 87. Al-A’la (19)
  • 88. Al-Ghasyiyah (26)
  • 89. Al-Fajr (30)
  • 90. Al-Balad (20)
  • 91. Asy-Syams (15)
  • 92. Al-Lail (21)
  • 93. Ad-Dhuha (11)
  • 94. Al-Insyirah (8)
  • 95. At-Tin (8)
  • 96. Al-‘Alaq (19)
  • 97. Al-Qadr (5)
  • 98. Al-Bayyinah (8)
  • 99. Al-Zalzalah (8)
  • 100. Al-‘Adiyat (11)
  • 101. Al-Qari’ah (11)
  • 102. At-Takatsur (8)
  • 103. Al-Ashr (3)
  • 104. Al-Humazah (9)
  • 105. Al-Fil (5)
  • 106. Quraisy (4)
  • 107. Al-Ma’un (7)
  • 108. Al-Kautsar (3)
  • 109. Al-Kafirun (6)
  • 110. An-Nashr (3)
  • 111. Al-Lahab (5)
  • 112. Al-Ikhlash (4)
  • 113. Al-Falaq (5)
  • 114. An-Nas (6)

Kandungan Surah-Surah yang Ada di Dalam Juz Amma

Juz Amma terdiri dari surah-surah pendek yang berjumlah 37 surah. Surah-surah yang ada didalam Juz Amma dimulai dari surah An Nabaa’ hingga surat An Naas. Surah yang ada pada Juz Amma sering digunakan sebagai bacaan sholat bagi para muslim dan muslimah. Berikut akan dibahas surah-surah yang ada didalam Juz Amma beserta kandungan surat yang ada.

1. Surah An Nabaa’

Surah pada awal juz ke 30 adalah surah An Nabaa’ yang berarti berita besar. Surah An naba merupakan surah yang dari golongan makiyyah yang terdiri dari 40 ayat. Kandungan dari surah An Nabaa’ adalah berisi mengenai para orang musyrik yang mengingkari adanya hari kebangkitan dan penyesalan mereka pada hari kiamat karena telah mengingkari hari kebangkitan yang sudah ditentukan Allah SWT.

2. Surah An-Naazi’aat

Surah An-Naazi’aat berarti malaikat-malaikat yang mencabut. Surah ini terdiri dari 46 ayat dan termasuk surah Makiyyah. Kandungan yang ada pad surah ini adalah peringatan dari Allah SWT terkait datannya hari kiamat dan bagaimana orang-orang musyrik menyikapinya. Beserta penegasan bahwa tidak ada manusia yang mengetahui kapan datangnya hari akhir dan kisah Nabi Musa as menghadapi Fir’aun.

3. Surah Abasa

Surah Abasa yang berarti Ia bermuka masam dan terdiri dari 42 ayat. Surah ini termasuk golongan surah Makiyyah. Surat Abasa berisi keesaan Allah SWT dan menceritakan tentang keadaan manusia pada hari kiamat serta berisi teguran Allah SWT kepada manusia yang ingkar dan tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

4. Surah Takwiir 

Surah Takwiir terdiri dari 29 ayat yang berarti menggulung dan surat ini merupakan surah dari golongan Makiyyah. Kandungan yang ada didalam surat adalah keadaan yang terjadi pada hari kiamat dan setiap manusia akan mengetahui apa saja yang telah mereka lakukan. Dalam surah ini juga berisi tentang kenabian nabi Muhammad SAW.

5. Surah Al Infithaar

Surat yang termasuk golongan dari Makiyyah ini berarti terbelah. Surat yang terdiri 19 ayat ini berisi sejumlah peristiwa yang terjadi pada saat hari kiamat. dan peringatan-peringatan kepada manusia agar tidak melanggar perintah Allah SWT. Adanya para malaikat yang selalu mencatat amal yang telah di kerjakan manusia.

6. Surah Al Muthaffifin

Surah Al Muthaffifin ini terdiri dari 36 ayat yang berarti orang-orang yang curang. Surah yang termasuk golongan surat Makiyyah ini berisi tentang balasan bagi orang yang berbuat curang yaitu mengurangi timbangan, ukuran dan takaran. Beserta balasan yang akan diterima bagi orang yang melakukan keajikan.

7. Surat Al Insyiqaaq 

Surah Al Insyiqaaq yang berarti terbelah merupakan surat golongan Makiyyah yang terdiri dari 25 ayat. Kandungan dari surat ini berisi kejadian-kejadian pada awal kiamat dan bagaimana manusia berusaha untuk menemui Allah SWT. 

8. Surah Al Buruuj

Surah golongan Makiyyah yang terdiri daari 22 ayat ini berarti gugusan bintang. Kandungan dari surah ini yaitu mengenai berbagai sikap yang dilakukan oleh orang-orang kafir yang mematuhi seruan rosul dan bukti kekuasaan Allah SWT serta peringatan azab kepada orang Mekah seperti yang terjadi pada kaum Tsamud.

9. Surat Ath Thaariq

Surah yang masuk golongan surat Makiyyah ini berarti yang datang di malam hari. Surah ini terdiri dari 17 ayat dan berisi tentang kekuasaan Allah SWT dalam memperingatkan manusia agar tidak sombong dan sesungguhnya hanya Allah SWT yang memiliki kuasa untuk menghidupkan manusia.

10. Surah Al A’laa

Surah ini berarti yang paling paling tinggi. Surat Al A’laa terdiri dari 19 ayat yang masuk dalam surah Makiyyah. Surah ini mengandung arti pentingnya bertasbih kepada Allah SWT karena hanya Allah SWT yang mampu untuk mencukupi dan memenuhi segala kebutuhan manusia.

11. Surah Al Ghaasyiyah

Surah ini berarti hari pembalasan. Surah Al Ghaasyiyah merupakan surat dari golongan Makiyyah yang terdiri dari 26 ayat. Surah ini berisi tentang pembalasan bagi orang-orang kafir dan azab yang diberikan.

12. Surah Al Fajr

Surah Al Fajr berarti Fajar yang merupakan surat Makiyyah yang terdiri dari 30 ayat. Surah ini berisi tentang sumpah Allah SWT untuk memberikan azab bagi orang-orang kafir.

13. Surah Al Balad

Surah Al Balad terdiri dari 20 ayat dan termasuk surat golongan Makiyyah yang mana surah ini berarti Negeri. Kandungan dari surah ini adalah peringatan yang diberikan Allah SWT untuk tidak terpedaya dengan harta dan kekuasaan serta manusia harus bisa bertahan dalam kesulitan.

14. Surah Asy Syams

Surah Asy Syams berarti matahari. Surah ini terdiri dari 15 ayat dn termasuk surah Makiyyah. Surah Asy Syams berisi mengenai kehancuran kaum Tsamud yang durhaka kepada Allah SWT.

15. Surah Al Lail

Surah Al Lail berarti Malam yang merupakan surah golongan Makiyyah dan terdiri dari 21 ayat. Kandungan yang ada pada surat ini adalah berbagai pahala yang diberikan Allah kepada orang yang bertaqwa.

16. Surah Adl Dluha

Surah Adl Dluha merupakan golongan surat Makiyyah yang berarti waktu matahari sepengalahan naik. Surah yang terdiri dari 11 ayat ini berisi tentang kasih sayang Allah SWT kepada dakwah dan kehidupan nabi Muhammad SAW dan perintah untuk tidak menghardik anak yatim.

17. Surah Alam Nasyrah 

Surah yang terdiri dari 8 ayat ini memiliki arti bukankah kami telah melapangkan. Surah yang merupakan golongan Makiyyah berisi tentang penjelasan atas nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

18. Surah At Tiin

Surah yang termasuk golongan Makiyyah ini terdiri dari 8 ayat dan berarti buah tin. Kandungan dari surah ini adalah pada dasarnya manusia diciptakan dengan bentuk yang sempurna, namun tetap dipertimbangkan pada amal saleh yang dilakukan oleh Allah SWT.

19. Surah Al Alaq

Surah Al Alaq berarti segumpal darah. Surah yang terdiri 19 dan tergolong surah Makiyyah ini berisi bahwa manusia telah diciptakan dari segumpal darah dan manusia tidak boleh melampaui batasnya.

20. Surah Al Qadr

Surah yang masuk golongan Makiyyah ini terdiri dari 5 ayat yang berarti kemuliaan. Kandungan yang ada dalam surah Al Qadr yaitu Allah SWT telah menurunkan Al Qur’an pada malam Lailatul Qadr yang berarti malam yang lebih indah dari malam seribu bulan.

21. Surah Al Bayyinah 

Surah Al Bayyinah yang berati bukti yang nyata dan terdiri dari 8 ayat dan termasuk surah Makiyyah. Surah ini berisi para Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tetap berada dalam agamanya sampai datang nabi Allah SWT.

22. Surah Al Zalzalah

Surah Al Zalzalah yang berarti kegoncangan. Surah ini merupakan surah dari golongan Madaniyyah dan terdiri dari 8 ayat. Kandungan dari surat ini adalah bagaimana dasyatnya hari kiamat.

23. Surah Al’Aadiyaat 

Surah Al ‘Aadiyaat yang berarti kuda perang yang berlari kencang yang terdiri dari 11 ayat dan termasuk surat Makiyyah yang menceritakan tentang berbagai kejadian saat kiamat.

24. Surah Al Qaari’ah

Surat Al Qarari’ah yang juga berarti kiamat terdiri dari 11 ayat dan termasuk surat Makiyyah. Surat ini berisi tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi saat kiamat.

25. Surah At Takaatsur

Surah At Takaatsur terdiri dari 8 ayat dan termasuk surah Makiyyah. Surat ini berarti bermegah-megahan dan kandungan dari surat ini pun juga berisi tentang manusia yang ingin bermegah-megahan dalam urusan dunia.

26. Surah Al Ashr

Surah Al Ash adalah surah golongan Makiyah yang berarti Masa. Surah yang terdiri dari 3 ayat ini berisi manusia yang akan merugi jika tidak [anai memanfaatkan waktu.

27. Surah Al Humazah 

Surah ini berarti pengumpat yang terdiri dari 9 ayat dan termasuk surat golongan Makiyyah. Surat ini berisi ancaman yang diberikan Allah SWT kepada orang yang suka mengumpat dan mencela orang lain.

28. Surah Al Fiil 

Surah ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk surat Makiyyah. Al Fiil sendiri berarti gajah. Pada surat ini berisi tentang pasukan gajah yang diberikan azab oleh Allah SWT karena ingin menghancurkan Kabah

29. Surah Quraisy

Yang berarti suku Quraisy dan terdiri dari 4 ayat yang termasuk golongan surah Makiyyah. Kandungan dari surat ini berisi peringatan untuk kaum Quraisy terhadap nikmat-nikmat yang telah Allah SWT berikan.

30. Surah Al Maa’uun 

Surah ini terdiri dari 7 ayat yang berarti barang-barang yang berguna. Kandungan dari surat yang termasuk golongan Makiyyah ini adalah ancaman bagi pendusta agama.

31. Surah Al Kautsar

Surah Al Kautsar berarti nikmat yang banyak. Surah ini terdiri dari 3 ayat dan termasuk golongan Makiyyah. Berisi tentang Nabi Muhammad akan memiliki nama yang baik hingga hari kiamat nanti.

32. Surah Al Kafirun 

Surah Al Kafirun berarti orang-orang kafir. Surah ini terdiri dari 6 ayat dan termasuk surat Makiyyah. Surah ini berisi Allah SWT lah yang patut untuk disembah oleh semua manusia dan Nabi Muhammad SAW.

33. Surah An Nashr

Surah ini terdiri dari 3 ayat yang berarti pertolongan. Surah yang termasuk surah Madaniyyah ini berisi tentang pertolongan Allah SWT dan Islamlah yang akan mendapat kemenangan.

34. Surah Al Lahab

Surah Al Lahab yang berarti gejolak api. Surah ini terdiri dari 5 ayat dan berisi tentang Abu Lahab dan isterinya yang membawa kayu bakar dan keduanya merupakan penghuni neraka.

35. Surah Al Ikhlas 

Surah Al Ikhlas berarti memurnikan keesaan Allah SWT. Surah ini terdiri dari 4 ayat dan merupakan golongan surah Makiyyah. Surah ini berarti hanya Allah SWT yang Maha Esa.

36. Surah Al Falaq

Surah Al Falaq berarti waktu subuh dan surat ini terdiri dari 5 ayat dan termasuk golongan surah Makiyyah. Surah ini berisi hanya kepada Allah SWT manusia berlindung.

37. Surah An Naas

Surah An Naas berarti manusia. Surah yang terdiri dari 6 ayat ini termasuk surah makiyah dan berisi tentang manusia di perintahkan untuk berlindung pada Allah SWT tentang segala kejahatan.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!