Makna Dan Manfaat Tilawatil Qur’an

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Membaca Al-Qur’an tentunya menjadi suatu kebutuhan dan kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Oleh karena itu sejak kecil kita dididik untuk bisa membaca Al-qur’an dengan baik sesuai dan maknanya untuk diambil manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Dengan membaca Qur’an setidaknya sekali setiap hari memberikan Anda kenyamanan dan perasaan yang tenang. Cobalah Anda lakukan rutin membaca Qur’an setiap harinya, pasti Anda akan merasakan kedamaian dalam hati Anda. Anda tentunya sudah pernah mendengar tentang tilawatil quran bukan? Tahukah Anda apa arti dari tilawatil quran? tilawatil quran ini berasal dari kata tilawah yang artinya membaca atau bacaan, sehingga dengan demikian tilawatil quran bisa diartikan sebagai membaca qur’an tentunya. 

Selain tilawatil quran, dikenal juga dengan sebutan tahsin qur’an yang artinya membenarkan bacaan qur’an tersebut. Tentunya dalam membaca qur’an ada tata caranya dengan pelafalan yang benar agar makna di dalam qur’an tidak berubah, sebab dalam bahasa arab tentunya ada beberapa pelafalan yang serupa sehingga jika Anda salah dalam melafalkannya akan berbeda pula maknanya. Memang ada aturannya sendiri untuk membaca Qur’an dengan bacaan dan lafaz yang benar kemudian memaknainya untuk mengambil pelajaran darinya. 

Definisi Tilawatil Quran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tilawatil quran berasal dari kata tilawah yang artinya membaca. Anjurannya Qur’an memang harus dibaca dengan baik dengan pelafalan yang baik hingga maknanya tidak berubah. Maka dari itu sejak kecil kita belajar dari iqra 1 sampai iqra 6 hingga akhirnya beralih membaca qur’an. Kemudian selain tilawatil quran ada juga tata cara pembacaan qur’an lainnya dengan irama dan nada yang membuat pembacaan qur’an menjadi lebih indah. Untuk Anda yang ingin lebih dalam lagi mengenali tentang tilawatil quran maka selanjutnya akan dijelaskan juga mengenai manfaat-manfaat dalam membaca tilawatil quran. 

Manfaat-Manfaat Tilawatil Quran

Membaca Qur’an sebenarnya bukan hanya sekedar beribadah, ada banyak sekali makna dan manfaat yang ada di baliknya yang memang sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa Qur’an sebagai pedoman hidup rasanya hidup ini gamang dan tidak tahu arah tujuan. Apabila pada satu masa Anda merasa kehilangan arah karena masalah yang Anda alami saat ini begitu berat maka cobalah untuk tenangkan diri Anda dan kemudian membaca qur’an sejenak, resapi maknanya maka Anda pasti akan mendapatkan jawaban dari segala hal yang Anda pertanyakan selama ini. Berikut ini beberapa manfaat membaca qur’an atau tilawatil quran :

  • Mendapat Pahala Dan Kebaikan Berlipat Ganda

Saat Anda membaca Qur’an sudah tentu Anda akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun sebenarnya tidak hanya pahala saja yang bisa Anda dapatkan. Ada sebuah hadist yang menyebutkan bahwa saat seseorang membaca qur’an maka ia akan mendapatkan kebaikan dan nantinya kebaikan itu akan dibalas sebanyak sepuluh kali lipatnya. Tentunya dengan demikian berarti bahwa Anda pasti akan mendapatkan banyak hal yang baik dalam hidup Anda. 

  • Menaikkan Derajat Seseorang

Apabila Anda rajin membaca qur’an atau tilawatil quran maka hal tersebut bisa menaikkan derajat Anda dan membuat Anda terlihat lebih berwibawa. Sesuai dengan hadist riwayat Bukhari yang menyebutkan bahwa apabila seseorang membaca qur’an dengan cara yang baik maka orang tersebut akan selalu diiringi oleh malaikat pencatat dan orang yang membaca qur’an meski terbata-bata akan tetap diberikan pahala sebanyak 2 kali lipat. Maka dari itu terlepas dari bacaan Anda yang mungkin masih belum sempurna, tetaplah biasakan untuk membaca qur’an setiap hari kapan saja Anda memiliki waktu. Dengan sering membaca qur’an maka tentunya bacaan dan lafaz Anda bisa membaik seiring berjalannya waktu. Pastikan juga Anda selalu mempelajari cara membaca qur’an yang baik agar Anda bisa memperbaiki kesalahan Anda saat melakukan tilawatil quran. 

  • Dirahmati Allah Dan Dijaga Oleh Malaikat

Sesuai dengan hadist maka barangsiapa yang selalu membaca qur’an Allah akan merahmatinya dan malaikat pun akan senantiasa melindunginya. Hati pun terasa tenteram karena Anda tahu Allah selalu merahmati Anda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu membaca qur’an dengan baik. Jika sebelumnya Anda jarang membaca qur’an maka cobalah rutin membaca qur’an sehingga dengan demikian Anda bisa merasakan ketentraman dalam hati Anda. 

  • Diberikan Syafaat Pada Saat Hari Kiamat 

Dalam hadist riwayat Muslim juga disebutkan bahwa qur’an nantinya akan memberikan syafaat pada pemberinya ketika hari kiamat tiba. Setiap manusia pasti memiliki dosa dalam hidupnya, namun Allah senantiasa memberikan ampunan kepada hambaNya yang memohon ampunan dan terus berbuat kebaikan sebanyak apapun dosa yang telah dilakukannya. Maka dari itu Anda baiknya selalu membaca qur’an atau melakukan tilawatil quran agar pada saat kiamat nanti, bacaan-bacaan qur’an yang Anda baca bisa membawa syafaat kepada Anda.

  • Mengubah Orang Menjadi Lebih Baik

Di dalam qur’an itu terdapat banyak pembelajaran yang bisa membuat seseorang bisa menjadi lebih baik pribadinya. Maka dari itu jika Anda terus rutin melakukan tilawatil quran setiap harinya dengan hati yang ikhlas lalu mempelajari makna yang ada di dalamnya, bisa jadi setelah mempelajari maknanya itu Anda mendapatkan pencerahan tentang sikap Anda yang mungkin kurang baik selama ini sehingga kemudian setelah mendapatkan pelajaran dari qur’an itu Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  • Menjadi Penyelamat Dunia Akhirat

Tahukah Anda bahwa di dalam qur’an terdapat banyak kebaikan bagi para pembacanya? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan membaca qur’an Anda bisa mendapatkan pahala, ketentraman dan penjagaan dari malaikat serta rahmat dari Allah. Maka dari itu jika Anda rajin membaca qur’an kemudian memaknai serta mengamalkan pelajaran yang ada di dalamnya sudah pasti qur’an tersebut bisa menjadi penyelamat bagi Anda baik itu di dunia maupun di akhirat kelak. Telah dikatakan juga bahwa dalam tiap ayatnya terdapat 10 kebaikan dan kebenaran bagi yang membacanya.

  • Menyembuhkan Penyakit Dalam Tubuh

Ada banyak anjuran dalam hadist tentang membaca qur’an atau tilawatil quran itu bisa membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit dalam tubuh. Seperti misalnya ada hadist yang diriwayatkan oleh Ma’ud yang menyebutkan untuk minum madu dan membaca qur’an untuk digunakan sebagai obat atau penyembuh. Dengan membaca qur’an hati Anda menjadi tentram dan tentunya saat hati serta pikiran menjadi tentram maka penyakit pun bisa terhindari. Maka dari itu banyak-banyaklah membaca qur’an agar Anda terhindar dari penyakit dalam tubuh maupun penyakit hati. Seperti juga yang disebutkan dalam sebuah hadist yang menyebutkan bahwa membaca qur’an atau tilawatil quran bisa menyembuhkan penyakit hati seperti iri dan juga dengki. Selain itu membaca qur’an bisa membantu orang tua Anda untuk mendapatkan kebaikan dan kenikmatan saat di akhirat nanti. Begitu banyak bukan manfaat dari tilawatil quran itu?

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!