Belajar Ngaji Dengan Mudah Dan Bermanfaat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Kenapa setiap orang tua, khususnya mereka yang beragama Islam mewajibkan anaknya untuk belajar ngaji? Apa alasannya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya jika Anda mengenali apa yang dimaksud dengan “Ngaji” itu sendiri. Untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut ini : 

Apa itu “Ngaji”? 

Ngaji atau mengaji tentunya sudah tidak asing di telinga umat muslim. Ngaji sendiri berasal dari bahasa Jawa, lebih tepatnya merupakan perpaduan antara kata Nga dan Ji. Nga berarti sanga, sedangkan Ji adalah siji. Dari gabungan kata tersebut diambil kesimpulan bahwa Ngaji adalah 9 lubang yang diarahkan pada 2 lubang mata, 2 lubang telinga, 2 lubang hidung, 1 lubang mulut, serta 2 lubang lainnya yaitu anus dan juga alat kelamin. 

Sementara itu, ngaji sendiri dalam bahasa arab dikenal dengan istilah Tholabul Ilmi yang berarti menuntut ilmu. Kegiatan menuntut ilmu tentunya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada. Bukan berarti Anda hanya dapat melakukannya di Madrasah atau Majelis Ta’lim saja, karena pada dasarnya dimanapun Anda berada, maka Anda bisa melakukannya. Apalagi menuntut ilmu itu tidak dibatasi oleh waktu dan usia.

Namun, ilmu yang dimaksud dalam penjelasan di bagian atas tadi adalah ilmu yang tentunya dapat mendekatkan Anda dan juga siapa pun yang mempelajarinya untuk semakin dekat pada Allah SWT dan bukan sebaliknya. 

Kembali pada penjelasan kata Ngaji dari Bahasa Jawa tadi. Jadi, yang dimaksud dengan kata Ngaji itu tadi adalah memusatkan 9 lubang yang ada pada diri manusia untuk mengenal, menelaah, serta mengamalkannya semata-mata hanya untuk kemuliaan Allah SWT. Karena itulah, Ngaji diwajibkan bagi seluruh umat muslim baik itu pria atau bahkan wanita. 

Pentingnya mengaji bagi umat manusia

Dikenal dengan arti menuntut ilmu, belajar ngaji menjadi hal penting dan bahkan wajib untuk dilakukan umat muslim. Mengapa demikian? Berikut ini ada beberapa alasan yang mewajibkan Anda dan umat muslim lainnya untuk mengaji, di antaranya : 

  • Memenuhi kebutuhan umat manusia, karena umat manusia pada akhirnya akan merugi terkecuali orang yang beriman. Sedangkan iman sendiri tidak akan terwujud tanpa adanya ilmu karena itulah menuntut ilmu menjadi hal penting untuk menjadi pribadi yang lebih beriman. 
  • Antisipasi atas perkembangan kondisi zaman yang semakin buruk. Dengan mengaji, hal tersebut dapat dihindari. Pasalnya orang yang mengaji akan memahami nilai-nilai agama dan dapat mengimbangi perubahan zaman tanpa ikut terbawa arus perubahan yang semakin buruk. 
  • Pengingat akan kembali padaNya. Karena dengan mengaji selain mengingat ajal, umat manusia pun dapat mempersiapkan bekal menuju akhirat dengan lebih baik. 
  • Dimuliakan oleh Allah SWT, hal ini terncantum dengan jelas bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu, beramal shaleh, serta mereka yang berjihad di jalan Allah SWT. 
  • Menolong orang tua di akhirat nanti, karena salah satu di antaranya yang dapat menjaga keselamatan orang tua adalah doa dari anak yang soleh. Dengan mengaji, bukan hanya pribadi anak yang berubah menjadi soleh, tetapi sikapnya pun akan semakin baik pula.

Cara belajar ngaji bagi pemula

Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda ikuti untuk belajar ngaji. Hal ini dimulai dari tahapan dasar hingga beberapa tahap lainnya yang dapat mempermudah cara mengaji Anda. Berikut tahapannya: 

  • Mengenal huruf Hijaiyah 

Huruf hijaiyah atau huruf yang digunakan dalam Al-Quran terdiri dari 29 huruf. Semua huruf tersebut tentunya harus dihafal terlebih dahulu dan diketahui bagaimana cara pengucapannya agar pembacaan Al-Quran dapat dilakukan dengan lancar. 

  • Mengenal tanda baca 

Ada beberapa tanda baca yang juga wajib untuk Anda pelajari sebelum membaca Al-Quran, tanda baca tersebut adalah fathah, kasrah, dammah, tasydid, serta sukun. 

  • Tajwid 

Bagian paling akhir yang dapat Anda lakukan dalam proses belajar mengaji adalah mempelajari tajwid. Tajwid dikenal sebagai ilmu untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Seperti ketika mempelajari Bahasa Inggris yang dikenal dengan istilah grammar. Ada beberapa jenis tajwid yang harus Anda pahami dan terapkan dalam membaca Al-Quran seperti idzhar, idgham, ikhfa, iqlab serta tajwid lainnya. 

Tips Belajar Ngaji Untuk Pemula 

Selain mengikuti beberapa tahapan belajar mengaji di bagian atas tadi, ada pula beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mempermudah proses belajar, di antaranya : 

  1. Pencarian pembimbing ngaji, seperti halnya ustadz atau pun ustadzah yang dapat membantu Anda untuk mengaji dengan baik. 
  2. Jika Anda tidak mendapatkan pembimbing ngaji, maka carilah sumber belajar yang baik dan benar, seperti halnya sumber belajar berupa tulisan yang satu ini dan lainnya. 
  3. Untuk awal pembelajaran, gunakan beberapa surat pendek terlebih dahulu. Jika surat pendek sudah lancar maka lanjutkan dengan memulai surat yang agak panjang. 
  4. Lakukan proses membaca dengan tartil atau pelan-pelan saja namun pastikan untuk membaca panjang pendek huruf dengan benar. 
  5. Memperbanyak latihan adalah tips paling akhir yang dapat Anda lakukan. Pasalnya dengan berlatih secara terus menerus, maka proses belajar Al-Quran pun dapat dilakukan dengan lebih lancar dan tentunya menjadikan proses belajar Anda jauh lebih cepat berkembang. 

Manfaat Belajar Ngaji Bagi Umat Muslim 

Dengan mengikuti kegiatan belajar ngaji, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan darinya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya: 

  • Memiliki wawasan luas terkait ilmu agama

Al-Quran dikenal dengan berbagai macam ilmu yang terkandung di dalamnya dan tidak terkecuali untuk ilmu agama. Karena itulah dengan membaca Al-Quran, maka Anda pun dapat memperdalam ilmu agama dengan lebih baik. Bahkan dengan mengetahui ilmu tersebut, Anda pun dapat mengamalkannya dan menjadikannya sebagai penghasil pahala dalam jumlah banyak. 

  • Terhindar dari perbuatan buruk 

Membaca Al-Quran sama artinya dengan membaca wahyu Allah SWT. Karena itulah banyak di antaranya seruan untuk berbuat dan berperilaku baik. Dengan mengikuti hal tersebut tentunya Anda sebagai pembaca pun akan terhindar dari berbagai macam perilaku buruk dan mulai melakukan berbagai macam perbuatan baik lainnya. 

  • Mendapatkan ketenangan 

Membaca Al-Quran dapat membuat hati yang membaca serta yang mendengarkannya menjadi tenang. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Boston. Dalam penelitian tersebut, 65% responden menyatakan bahwa mereka merasa tenang dengan mendengarkan lantunan dari ayat Al-Quran tersebut. 

  • Penawar bagi penyakit hati 

Untuk mengobati penyakit fisik tentunya Anda dapat pergi ke dokter. Namun bagaimana jadinya dengan penyakit hati? Seperti halnya sombong, riya, tamak dan lainnya? Hal tersebut tentunya dapat diatasi secara mudah dengan mengaji. Karena mengaji sendiri dikenal sebagai obat untuk penyakit hati. 

  • Tidak ada yang mustahil 

Dengan belajar mengaji ada banyak keajaiban yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan mudah dan tiba-tiba. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hal yang bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengaji. Terbukti dari beberapa waktu lalu ada sebuah pom bensin yang memberikan bensin secara gratis bagi pengunjungnya yang mau membaca sebanyak 1 juz dari ayat Al-Quran dan juga masih banyak contoh hal serupa lainnya. 

Demikianlah kiranya penjelasan dasar mengenai apa itu belajar ngaji, alasan penting di baliknya, cara mengaji serta apa saja manfaat yang diberikannya. 

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!