Cara Cepat Menjadi Qori Terbaik

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Sebagai seorang muslim maka Al-Quran memang sudah menjadi pedoman hidup dari semua orang muslim. Al-Quran juga adalah kita yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW dimana memiliki tujuan untuk mengajarkannya kepada semua orang yang ada di seluruh dunia. Di dalam Al Quran terdapat firman Allah, hukum, aturan, yang mana harus ditaati dan harus selalu dipenuhi oleh semua manusia. Karena dengan membaca Al Quran hati akan menjadi lebih tenang, jiwa menjadi lebih tentram dan menjadi lebih bersemangat. 

Di dalam Al Quran juga ada banyak sekali keutamaan  dalam membacanya dan salah satunya adalah untuk mempermudah jalannya hidayah untuk siapapun yang membaca dan memahami. Hal ini dikarenakan anda bisa mendapatkan petunjuk mengenai kehidupan di dunia dan akhirat. 

Nah dari beberapa review dan komparasi berbagai qari’ sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat suara merdu saat membaca Al Quran. Karena pada dasarnya hampir semua orang tentu saja memiliki suara yang berbeda. Namun sebenarnya semua bisa anda lakukan dengan cara berlatih dan anda juga harus selalu yakin dengan karunia yang diberikan Allah. Dan tugas anda hanyalah untuk berusaha agar anda bisa menjadi qori terbaik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan. 

Lakukan latihan makhorijul huruf Hijaiyah

Untuk menjadi qori terbaik  dan dari hasil review dan komparasi berbagai qari’ dikatakan langkah utama yang bisa anda lakukan adalah dengan berlatih untuk cara mengucapkan huruf hijaiyah secara satu per satu dengan benar dan haruslah sesuai dengan mukhroj. Selanjutnya anda bisa melanjutkan dengan rangkaian kata – kata yang dianggap sangat sulit. Cobalah untuk melakukannya dengan kecepatan yang rendah lalu anda bisa mulai dengan melanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi dan cepat. Melakukan latihan ini memiliki tujuan untuk anda agar lebih lancar dalam mengucapkan ayat pendek dan panjang yang ada di dalam Al Quran. 

Lakukan latihan kekuatan suara

Untuk kekuatan suara sendiri sangat berhubungan dengan pernafasan, jika anda memiliki pernafasan yang baik maka untuk melatih kekuatan suara anda juga bisa melakukannya dengan lebih mudah. Yang dimaksudkan dengan kekuatan suara adalah anda tidak harus berteriak secara keras, namun setidaknya ada kejelasan suara saat anda mengucapkan huruf hijaiyah sehingga hasilnya juga akan terdengar lebih jelas dan juga lebih jernih. Sebenarnya cara lain yang bisa anda lakukan untuk latihan ini adalah dengan meniup lilin dengan jarak 1,5 meter hingga lilin padam. Anda bisa melakukannya sehari sebanyak 20 hingga 30 kali sehingga bisa mendapatkan suara yang merdu dan menjadi qori terbaik. 

Lakukan latihan pernafasan

Sebenarnya hal ini bukan satu hal yang bisa anda acuhkan. Karena sebenarnya pernafasan yang sangat baik memang sangat diperlukan dalam membaca Al Quran. Dan salah satu teknik yang paling efektif untuk bisa melatih pernafasan adalah dengan melakukan pernafasan perut dan bukan dengan pernafasan dada. Tanda anda melakukan pernafasan perut adalah pada saat anda menarik nafat perut maka akan mengembung sedangkan yang dikatakan pernfasan perut adalah ketika anda menarik nafas yang membuang akan mengembang. 

Lakukan Latihan  Teknik Vibrasi

Vibrasi atau teknik dalam membunyikan suara, reaksi vibra bisa memberikan akibat adanya kontraksi pada pita suara review dan komparasi berbagai qari’ juga mengatakan hal yang sama. Misalnya untuk pria cobalah untuk memegang bagian jakun atau tenggorokan bagian tengah anda sambil membacakan ayat – ayat Al Quran. Ni adalah salah satu proses vibrasi atau getaran. Selanjutnya bagaimana cara untuk melatih vibrasi. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melatih vibrasi diantaranya adalah :

  • Cobalah untuk membuat tubuh anda menjadi lebih rileks 
  • Cobalah mulai untuk membaca Al Quran dengan irama tinggi dan rendah
  • Lalu rasakan udara yang mengalir di bagian pita suara anda
  • Selanjutnya anda bisa fokus dan cobalah untuk mendapatkan vibrasi dan alunan nada dengan membaca dengan lebih natural
  • Selain itu, cobalah untuk tidak membuat suara dengan cara menggerakkan bagian tenggorokannya hingga bisa bergerak secara berlebihan. Hal ini justru akan membuat anda menjadi lelah dan akan sangat benar – benar menguras energi yang akhirnya membuat suara anda menjadi tidak stabil. 
  • Jika dalam tahapan ini anda sudah mendapatkan irama vibrasi maka anda bisa mulai dengan menggerakkan bagian tenggorokan bagian dalam namun tidak berlebihan. Semua sebenarnya sangat tergantung dengan kondisi ekspresi, alunan dan juga kebutuhan dari irmanya. 

Lakukan latihan dengan suara bernada tinggi

Setiap manusia sebenarnya memiliki tingkat nada suara yang berbeda, dan untuk range vocal standart dari mereka pembaca Al – Quran sendiri adalah 3 oktaf. Walaupun demikian sebenarnya ada banyak juga orang – orang yang memiliki range vokal yang lebih dari 3 oktaf. Namun anda juga tidak perlu khawatir. Karena mereka yang memiliki nada yang tinggi sebenarnya masih bisa dilatih.  Dengan melakukan proses latihan yang tepat dan juga sesuai review dan komparasi berbagai qari’ yang disarankan maka sangat memungkinkan untuk anda bisa menjadi seorang qori terbaik.

Jangan Lupa Berdoa 

Sudah bukan rahasia lagi jika doa adalah salah satu senjata umat muslim yang paling handal. Dan pada dasarnya berdoa dengan kerendahan hati dan menyadari jika status anda di dunia ini hanya hamba ciptaan Allah maka melakukan doa adalah satu hal yang sangat baik untuk anda lakukan. 

Bahkan dalam Al Mu’min ; 60 Allah juga sudah memerintahkan kepada kita untuk selalu berdoa atas semua keingininan anda. Sehingga untuk bisa dikabulkan Allah yang hanya tahu. Dan hak anda sebagai hambanya harus selalu berusaha dan iktiar. Dengan demikian maka akan dipermudahkan semuanya. 

Rajinlah untuk melihat dan mendengarkan Audio dan Video Qori

Pada saat anda membahas bagaimana cara untuk menjadi seorang qori terbaik. Maka anda bisa mulai flashback saat anda masih kecil. Pada saat kecil tentu saja anda mengidolakan seseorang baik itu toko anime, aktor film dan masih lainnya. Nah secara umum, jika seseorang menyukai atau mengidolakan biasanya mereka akan mulai untuk menirukan apa yang dilakukan. Mulai dari gaya berpakaian, gaya mereka berbicara hingga lainnya. Hal ini juga berlaku dan bisa anda umpakan jika anda ingin menjadi qori terbaik dengan review dan komparasi berbagai qari’. Ada baiknya untuk anda mulai mencari para ustadz ataupun qori lain yang terbaik. Anda bisa mengidolakan salah satunya. Anda bisa mengidolakan dari segi bacaan – bacaan pada imam besar yang memang sudah sangat ahli dalam membacanya. Anda bisa mulai dengan mendengarkan bacaannya, bagaimana dengan mahrujul hurufnya dan lainnya. Anda bisa melihat dan mendengarkannya dengan menggunakan audio dan video. Dengan cara ini, akan jauh lebih mudah untuk anda belajar.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!