Keutamaan Bila Anda Mempelajari Tafsir Al-Qur’an

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Al – Qur’an yang merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan oleh Allah dan merupakan penyempurna dari kitab – kitab lain yang turun terlebih dahulu. Adanya al – Qur’an tentu bukan tanpa alasan. Al – Qur’an menjadi salah satu cara agar Anda bisa memperoleh kesempurnaan agama dan dunia. Hal ini bukan mustahil di dapat bila Anda memahami dengan baik tafsir ayat – ayat di dalamnya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Agar memiliki keyakinan dan mampu berpegang teguh pada Al – Qur’an, Anda perlu mengetahui dulu makna berbagai surat di dalamnya dengan mempelajarinya melalui kajian – kajian tafsir Qur’an yang dapat Anda datangi. Bila Anda susah menemukan waktu luang sesuai kajian yang Anda ingin datangi, tentu cara termudah adalah dengan memanfaatkan internet dan mulai mengakses pembelajaran tafsir Al – Qur’an dari situs TafsirWeb. Di dalamnya, Anda dapat mengakses berbagai tafsir yang berasal dari kementerian agama, baik Saudi Arabia mau pun Indonesia, hingga tafsir al – Mukhtashar yang merupakan hasil supervisi dari Dr. Shalih Humaid yang notabene seorang imam Masjidil Haram. Berikut adalah beberapa surat pilihan yang kami sarankan untuk Anda baca tafsirnya, antara lain :

  1. Surat Yasin. Semua muslim tentu tahu bacaan surat yasin. Surat ini merupakan yang paling populer, karena sering digunakan dalam berbagai acara seperti pengajian mau pun event lain. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda membaca sambil menghayati maknanya saat belajar tafsir surat ini.
  2. Surat Yusuf. Surat Yusuf merupakan salah satu surat dalam Al – Qur’an yang berisi kisah – kisah terbaik mengenai nabi Yusuf. Bila Anda memahami dan mau mempelajari tafsirnya, tentu Anda nantinya mampu mengambil hikmah dari kisah – kisah yang ada di dalamnya.
  3. Surat Ar – Rahman. Surat ini dikenal luas karena ayatnya yang indah dan mempesona saat dibaca. Bila Anda mengerti dan memahami tafsir dari surat ini, tentu Anda tidak akan heran lagi mengapa ada banyak imam masjid yang sering membacanya. 
  4. Surat Adh – Dhuha. Surat ini merupakan surat yang banyak dibaca saat shalat dhuha. Hal ini sering dilakukan karena namanya yang mirip. Namun, tentu akan lebih baik bila Anda memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait dengan tafsir suratnya.
  5. Surat Al – Mulk. Surat al – Mulk merupakan salah satu surat dalam Al – Qur’an yang membacanya disarankan seelum tidur. Saat – saat menjelang tidur merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk merenung, dan memahami makna yang terkandung dalam surat yang indah ini.
  6. Surat Al – Kahfi. Surat al – Kahfi menjadi salah satu surat yang perlu untuk Anda pelajari ilmu tafsirnya. Surat ini sering dibaca umat muslim pada setiap pekannya, yakni pada hari Jumat. Bila Anda pun mulai istiqomah membaca surat ini, tentu akan lebih baik lagi bila Anda juga belajar mengenai tafsir suratnya sehingga Anda mampu menangkap pesan yang disampaikan di dalamnya dengan baik.
  7. Surat Al – Fatihah. Surat ini tentu sudah tidak asing, karena setiap hari saat mendirikan shalat, surat ini pun menjadi salah satu yang dipikirkan. Akan lebih baik jika Anda tak hanya hafal, namun memahami tafsirnya, agar ibadah Anda semakin khidmat.
  8. Surat Al – Waqiah. Surat lainnya yang perlu Anda ketahui tafsirnya adalah surat Al – Waqiah. Surat ini menjadi populer karena banyaknya hadist yang menyebut fadhilah dari sutat ini. tak hanya membacanya. Anda pun disarankan untuk memahami tafsir ayat per ayatnya.
  9. Surat Al – Baqarah. Surat yang memiliki ayat paling banyak di dalam al  Quran ini menjadi salah satu surat yang paling istimewa. Di dalamnya, bila Anda mempelajari lebih lanjut tentang ilmu tafsir Qur’an, Anda akan menemukan banyak kandungan terkait prinsip aqidah hingga hukum kehidupan.
  10. Surat An – Naba. Kadang kita terlalu berfokus pada surat – surat yang ada di juz 30 atau yang lebih sering disebut sebagai juz amma. Namun ternyata, Surat an – Naba memiliki tafsir tersendiri yang membuatnya terasa semakin spesial.

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!