Cara Cepat Belajar Mengaji Sendiri

Sebagai orang beragama Islam, mengaji Al-Qur’an merupakan sesuatu yang harus. Karena Al-Quran merupakan pedoman bagi setiap umat Islam. Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup berguna untuk menunjukkan jalan kebaikan dan kebenaran serta sebagi pengingat agar umat Islam berpegang teguh pada jitab suci Al-Qur’an agar selamat di dunia dan di akhirat.

Al-Qur’an memiliki keistimewaan bagi setiap orang yang membacanya. Bahkan setiap satu ayat yang dibaca mengandung sepuluh kebaikan di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda bahwa ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Keistimewaan membaca Al-Qur’an dapat menjadikan setiap orang yang membacanya menjadi aman dan tentram.

Belajar mengaji idealnya diajarkan sejak usia dini. Namun, fakta yang terjadi adalah orang yang telah dewasa juga belum dapat mengaji Al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena kemalasan diri sendiri untuk belajar membaca Al-Qur’an atau karena mualaf. Manfaat belajar Al-Qur’an sejak dini yaitu otak anak-anak pada usia tersebut berkembang pesat sehingga mampu menampung berbagai informasi yang diterimanya dengan cepat. Hal ini tentu tidak berlaku pada orang dewasa. Orang dewasa yang belum mampu membaca Al-Qur’an akan cenderung sulit untuk belajar karena kondisi perkembangan otak sudah tidak sepesat pada usia kanak-kanak.

Namun, Ada tidak perlu khawatir. Bagi orang dewasa terdapat cara cepat belajar mengaji sendiri untuk membantu kesulitan Anda yang belum dapat mengaji Al-Qur’an. Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengaji. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk belajar mengaji sendiri.

1.     Carilah ustadz atau ustadzah untuk membimbing mengaji Anda. Ustadz atau ustadzah ini akan membantu Anda untuk belajar membaca Al-Qur’an secara terbimbing. Pilihlah ustadz atau ustadzah yang Anda sukai. Misalnya sifatnya yang sabar, halus tuturnya, dan sebagainya. Dengan bimbingan ustadz atau ustadzah yang Anda sukai akan membantu diri Anda untuk senantiasa belajar membaca Al-Qur’an secara terbuka.

2.     Jika kesulitan mencari ustadz atau ustadzah Anda dapat memanfaatkan model pembacaan Al-Qur’an dari sumber yang terpercaya. Dengan model pembacaan ini Anda dapat mencontoh cara pembacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Pilihlah model pembacaan yang cenderung lambat jika Anda kesulitan menyimak pembacaan yang cenderung cepat.

3.     Belajar ilmu tajwid seperti hukum bacaan, cara membaca, dan sebagainya. Ilmu Tajwid akan lebih menyempurnakan pembacaan Al-Qur’an Anda.

4.     Mulailah belajar membaca Al-Qur’an dari surat-surat pendek. Surat pendek sebagai latihan permulaan yang baik. Jika sudah merasa mampu membaca surat pendek, maka di tingkatkan ke surat yang panjang.

5.     Membaca dengan suara yang keras. Suara yang keras akan lebih membuat Anda fokus terhadap bacaan yang sedang Anda baca.

6.     Membaca dengan tartil yaitu pelan tapi pasti. Benar panjang pendeknya bacaan yang sedang dibaca.

7.     Mengulang-ulang bacaan disela-sela waktu luang. Ini akan lebih meningkatkan kemampuan membaca Anda.