Ingin Bisa Fasih Belajar Membaca Al Quran Secara Tartil? Ikuti Tips Berikut Ini

Al Quran merupakan kalam Allah SWT yang menjadi pedoman hidup manusia di dunia. Umat Islam sebaiknya tidak mengindahkan setiap ajaran di dalam Al Quran. Selain itu, Al Quran juga sebaiknya dibaca oleh umat Islam agar benar-benar meresapi kalam Allah. Dalam membaca Al Quran berbeda dengan membaca kalimat lain. Al Quran merupakan kalam Allah yang harus dibaca secara tartil. Allah berfirman “Dan bacalah Al Quran secara tartil” tertuang pada Al-Muzammill ayat 4. Tartil memiliki arti membaca dengan tertib dan urut. Sehingga tidak dibenarkan membaca Al Quran secara tergesa-gesa, tidak jelas, bahkan tidak memperhatikan tajwid. Untuk itu bacalah Al Quran secara tartil dengan empat tips berikut ini.

Paham Tajwid dan Terus Berlatih Membaca Al Quran

Untuk bisa membaca Al Quran secara tartil, maka Anda harus paham dengan tajwid. Setiap harakat, panjang-pendek, serta lantunan nada dalam membaca Al Quran harus dipegang. Seseorang yang masih salah ketika membaca Al Quran memang tidak masalah selama dalam batas belajar. Namun, jika tidak mau memperbaiki kesalahan dalam membaca Al Quran, maka itu tidak dibenarkan. Sehingga agar Anda mampu membaca Al Quran secara tartil adalah dengan memahami tajwid. Kemudian jangan bosan untuk terus berlatih membaca Al Quran.

Mendengarkan dan Menyimak Lantunan Bacaan Al Quran Melalui Audio

Selanjutnya, Anda disarankan untuk memiliki rekaman bacaan Al Quran secara tartil dari qari terbaik yang ada. Anda dapat mengunduh MP3 kemudian mendengarkannya secara audio. Dengarkanlah terlebih dahulu sambil menyimak bacaan setiap ayat-ayat Al Quran tersebut. Ketika Anda mendengarkan qari bertilawah, bukalah aayat Al Quran yang sedang dilantunkan.

Meniru Lantunan Ayat-ayat Al Quran secara Berulang-ulang

Lalu Anda tiru lantunan nada dari qari tersebut. bacalah ayat-ayat Al Quran yang sama. Jika Anda masih kesulitan dalam membaca secara tartil, tidak masalah. Karena Anda memang diharuskan untuk mengulangnya hingga benar-benar fasih. Lebih baik lagi jika Anda dapat melantunkan ayat-ayat Al Quran dengan nada yang Anda ciptakan sendiri dan terdengar begitu indah. Ada baiknya Anda belajar membaca secara tartil pada juz 30. Dalam juz 30, surat-surat pendek tersebut sangat baik Anda gunakan untuk belajar Al Quran secara tartil.

Latunkan Bacaan Al Quran di Depan Uztad/Uztadzah

Terkahir, jangan malu untuk melatunkan bacaan Al Quran di depan Uztad atau Uztadzah. Semua demi menilai apakah bacaan Al Quran Anda sudah dapat dikatakan tertib dan runtut alias tartil atau belum. Jika ternyata belum, tentu Uztad atau Uztadzah akan dengan senang hati membantu Anda hingga fasih membaca Al Quran secara fasih.

Itulah tips yang dapat Anda ikuti untuk dapat membaca Al Quran secara tartil. Ingat, membaca kalam Allah tidak baik secara terburu-buru. Lantunkan dengan nada yang indah hingga Anda juga mampu menghayati arti dalam setiap ayatnya.