Belajar Mengaji dengan Lagu? Perbaiki Vokal Anda

Banyak orang mempelajari cara belajar mengaji dengan lagu dengan berbagai tujuan. Misalnya supaya pendengar tidak bosan menikmati lantunan ayat-ayat suci Al-Quran. Pada dasarnya, orang-orang yang dianugerahi nikmat suara oleh Allah Swt. dapat menggunakannya untuk membaca Al-Quran. Jika Anda tertarik memakai lagu saat mengaji, tentunya kita harus memperhatikan kualitas suara.

Simak tip di melatih vokal untuk mengaji di bawah ini.

  • Pelafalan Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah adalah salah satu komponen penting yang harus dipahami secara baik saat Anda mengaji. Latih pelafalan atau pengacapan huruf-huruf tersebut dengan jelas dan sesuai dengan makhroj. Anda dapat melanjutkannya ke tingkat yang lebih sulit setelah fasih pada level sebelumnya. Pengucapan bisa dimulai dari kecepatan rendah hingga ke tingkat tinggi untuk menguji kemampuan membaca ayat pendek dan panjang dalam Al-Quran.

  • Kekuatan Vokal / Suara

Kekuatan vokal atau suara Anda berkaitan dengan pernapasan. Jika Anda dalam melakukan olah napas dengan baik, maka suara Anda akan mempunyai kekuatan yang maksimal. Dalam hal ini, kekuatan suara tidak hanya berhubungan dengan kemampuan berteriak dalam waktu lama, tapi juga artikulasi jelas dan kejernihan suara. Anda dapat melatihnya dengan meniup lilin yang diletakkan 1,5 meter dari tempat Anda berdiri sebanyak 20 sampai 30 kali tiap harinya.

  • Teknik Pernapasan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, teknik pernapasan dibutuhkan bagi yang mau menerapkan cara belajar mengaji dengan lagu. Sebab pernapasan yang baik diperlukan saat Anda membaca ayat-ayat panjang di dalam Al-Quran. Ada beragam metode yang bisa dipraktikan, antara lain menarik dan mengembuskan napas dengan punggung tegak. Beberapa jenis olahraga seperti berenang, meditasi, dan yoga pun bisa membantu pernapasan Anda.

  • Teknik Getaran / Vibrasi

Vibra atau getaran terjadi akibat kontraksi di pita suara. Anda bisa memeriksanya dengan memegang tenggorokan atau jakun sambil membaca beberapa ayat suci Al-Quran. Ada pula cara yang dapat Anda praktikan untuk melatih teknik vibrasi tersebut. Misalnya dengan membaca ayat-ayat Al-Quran memakai lagu tanpa menggunakan suara tinggi. Ketika melakukannya, rasakan getaran yang masuk ke pita suara. Latih perlahan agar mendapatkan vibrasi alami.

  • Suara / Vokal Tinggi

Setiap orang mempunyai level suara atau vokal berbeda. Untuk membaca Al-Quran, range vokal di level standar adalah 3 oktaf. Ada juga orang-orang dengan range vokal 4, 5, hingga 6 oktaf. Anda bisa melatih ketinggian suara tersebut dengan melemaskan pita suara, lalu melafalkan bunyi aaa, iii, uuu, ba dalam oktaf yang rendah atau tinggi atau disesuaikan range Anda. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melatihnya pada pagi hari.

Ini semua tips membaca al-Qur’an. Setelahnya, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yakni menghafal al-Qur’an dengan mutqin. Semoga informasi ini dapat membantu penerapan cara belajar mengaji dengan lagu bagi Anda!