Belajar Membaca Al-Quran Secara Online via Android

Di zaman teknologi canggih seperti sekarang, kita bisa belajar baca Al Quran online gratis melalui ponsel pintar berbasis Android. Ada puluhan bahkan ratusan aplikasi yang bisa kita temukan di application store dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Di bawah ini ada lima aplikasi Al-Quran online yang paling sering diunduh dengan masing-masing fiturnya.

  1. Quran Reader

Jika Anda melakukan pencarian aplikasi Al-Quran di application store Android, maka Quran Reader akan muncul di urutan kesatu. Hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini menjadi yang terfavorit dan banyak diunduh. Quran Reader mempunyai beragam macam fitur yang akan membantu Anda mempermudah baca Al-Quran. Antara lain terjemahan dalam bahasa Indonesia dan Inggris, syarah atau komentar dari Pickthall, Daryabadi, serta Yusuf Ali.

  1. Quran for Android

Aplikasi Al-Quran terbaik kedua di ponsel pintar berbasis Android ini mempunyai beberapa fungsi dan fitur yang sama dengan Quran Reader. Kita juga bisa menjadikannya salah satu alternatif untuk baca Al-Quran secara online. Setelah mengunduh dan melakukan instalasi, kita bisa menikmati fitur audio yang terdiri dari tilawah berisi 15 buah, penanda,sharing, mode pencarian, tagging, modus malam, hingga terjemahan Al-Quran dalam 20 bahasa.

  1. Al-Quran (Free)

Ingin belajar baca Al Quran online gratis dengan aplikasi tidak berbayar? Maka kita bisa mengunduh Al-Quran (Free) yang berada di posisi ketiga. Meski gratis, fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut tidak kalah canggih dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Antara lain teks Al-Quran, tilawah versi audio yang dibacakan syekh-syekh kenamaan seperti Syekh Maher Al Maaiqli, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, dan Syekh Mashari Rashed Alfassy.

  1. Holy Quran – Al Sudais

Sebagian orang ingin mempelajari cara membaca Al-Quran yang benar dan tepat dari orang-orang yang sudah fasih seperti seorang syekh. Kebutuhan tersebut lantas dipenuhi oleh sebuah aplikasi bernama Holy Quran – Al Sudais. Nama aplikasi ini diambil dari nama seorang syekh asal Arab Saudi, yaitu Al Sudais. Seperti halnya aplikasi-aplikasi berbasis Android di atas, Holy Quran – Al Sudais pun memiliki beragam fitur yang mempermudah Anda dalam membaca Al-Quran.

  1. Holy Quran – Moshaf Al Madinah

Selain dari syekh kenamaan, ada juga orang-orang yang ingin memahami cara membaca Al-Quran dari daerah-daerah tertentu. Di posisi terbaik kelima aplikasi Al-Quran berbasis Android, ada Holy Quran – Moshaf Al Madinah yang dapat menjadi pilihan alternatif Anda. Di dalam aplikasi ini, terdapat mushaf dari kawasan Timur Tengah maupun Madinah. Selain itu ada juga fitur-fitur yang akan mempermudah kita untuk memahami kandungan ayat-ayat Al-Quran.

Pastikan kapasitas memori ponsel sesuai dengan aplikasi agar proses belajar Al Quran online gratis berjalan lancar.