Saya Mau Belajar Baca al-Qur’an, Apa Yang Perlu Dilakukan?

Sebagai seorang muslim yang baik, salah satu upaya yang perlu Anda lakukan untuk mendapat keselamatan di akherat kelak adalah membaca dan meresapi pemahaman Al Qur’an. Dengan membaca AlQur’an, Anda bisa memahami bagaimana bersikap pada orang sekitar maupun lingkungan agar terhindar dari dosa dan perbuatan buruk. Hingga mungkin terbersit dalam hati Anda, “saya mau belajar baca al qur’an”.

Namun bagaimana jika Anda belum menguasai AlQur’an sepenuhnya, apa yang harus Anda lakukan saat ingin belajar Al Qur’an? Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam pembelajaran AlQur’an.

Memiliki niat yang kuat

Saat Anda ingin belajar AlQur’an dan ingin memahami makna yang tersimpan dalam  Al Qur’an secara utuh, pastikan Anda memiliki niat yang kuat terlebih dahulu untuk belajar. Tanpa niat yang kuat, Anda tidak akan bisa mempelajari materi yang diajarkan dan menyerap pembelajaran AlQur’an secara utuh dan benar. Dengan niat yang kuat, Anda juga bisa memperkirakan alokasi waktu yang sesuai untuk belajar AlQur’an, sehingga kemampuan Anda untuk membaca Al Qur’an bisa meningkat dengan cepat.

Mau memperbaiki kesalahan

Anda harus punya karakter instrospeksi yang besar dan mau memperbaiki kesalahan saat mempelajari Al Qur’an. Tanpa sikap mau memperbaiki kesalahan, Anda tidak akan bisa belajar membaca AlQur’an dengan cepat, mengingat rasa keras kepala yang membuat Anda lebih meyakini kemampuan diri sendiri tanpa mendengaar masukan orang lain. 

Belajar dari hal dasar hingga kompleks

Ketika Anda ingin belajar AlQur’an dengan cepat, pastikan Anda memulai pembelajaran dari hal-hal dasar. Untuk itu, Anda bisa melakukannya dalam beberapa tahapan, yaitu:

a.   Mempelajari dan menghafal semua huruf yang ada dalam Al Qur’an. Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan bantuan buku Iqro’ standar jilid pertama atau dengan membaca buku literatur yang berhubungan dengan A lQur’an.

b.   Mempelajari dan menguasai berbagai tanda baca yang ada dalam Al Qur’an sehingga Anda bisa membedakan mana huruf vokal dan konsonan seperti dalam alphabet. Berbagai tanda baca yang Anda kuasai, juga akan memudahkan Anda dalam memahami bahasan ayat AlQur’an.

c.   Mempelajari dan menghafalkan teknik membac Al Qur’an, seperti bacaan dengung, bacaan irama pendek, dan irama panjang. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda bisa meresapi makna yang ada dalam Al Qur’an dengan lebih mendalam. 

Praktek dengan pendampingan

Ketika Anda sudah mempelajari berbagai hal-hal dasar yang harus dikuasai untuk membaca Al Qur’an secara fasih, praktekkan secara langsung dengan pendampingan orang yang lebih ahli. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dan cepat dalam memahami teknik yang ada dalam bacaan Al Qur’an dan menyusun strategi pribadi untuk lebih cepat membaca Al Qur’an tanpa banyak membuat kesalahan. Dengan bantuan orang yang lebih ahli dalam pembelajaran AlQur’an, Anda juga bisa memahami maksud atau tafsir ayat Al Qur’an yang Anda baca, sehingga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari terasa lebih mudah dan menyenangkan.