Mengaji Cara Baru: 5 Metode Mengaji di Indonesia, Dari yang Terlama Sampai Terbaru

Macam2 Ngaji Metode Mengaji

Berkat perkembangan zaman dan teknologi, sekarang kita bisa memilih metode mengaji cara baru yang sesuai dengan kebutuhan. Jika dulu kita hanya mengandalkan Al-Quran cetak, maka kini sudah tersedia format fisik lain seperti DVD hingga digital yang bisa diakses secara online dan offline. Ada juga lembaga yang menyediakan metode untuk mahir membaca Al-Quran dalam hitungan jam.

Di bawah ini ada lima metode mengaji yang paling sering dipakai di Indonesia.

  • Metode Baghdadiyah

Metode Baghdadiyah sering juga disebut sebagai metode eja. Sesuai namanya, metode ini berasal dari Baghdad saat berada di bawah kekuasaan Bani Abbasiyah. Metode Baghdadiyah sudah dipakai selama kurang lebih satu abad oleh masyarakat Indonesia. Secara garis besar, kita akan mempelajari huruf-huruf Hijaiyah yang ditampilkan secara utuh atau lengkap di dalam setiap langkahnya. Sehingga bisa membuat kita lebih paham sebelum mengaji.

  • Metode Iqra

Bisa dikatakan metode Iqra adalah yang paling populer dan masih dipakai di Indonesia dengan format yang berbeda-beda. Iqra terdiri dari 6 jilid dan disusun oleh As’ad Humam yang berasal dari Yogyakarta. Sejak kemunculannya, metode Iqra berkembang sangat pesat dan menyebar secara merata ke seluruh penjuru Nusantara. Meski tidak tergolong dalam mengaji cara baru, tapi sampai sekarang metode Iqra masih diterapkan, terutama untuk anak-anak.

  • Metode Al-Barqy

Metode Al-Barqy dipercaya sebagai salah satu cara membaca Al-Quran secara cepat yang paling awal ditemukan. Adalah dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya bernama Muhadjir Sulthon yang menemukan metode ini di tahun 1965 dengan target siswa-siswi SD Islam At-Tarbiyah di Surabaya. Sebagian besar siswa yang memakai metode Al-Burqy ternyata dapat membaca Al-Quran secara cepat. Lantas Muhadjir membukukannya dengan judul Cara Cepat Mempelajari Bacaan Al-Quran Al Barqi di tahun 1978.

  • Metode Qiro’ati

Metode ini digagas oleh KH. Dachlan S. Zarkasyi yang berasal dari Semarang. Metode Qiro’ati telah disiarkan sejak awal tahun 1970 dan mempermudah siswa untuk mempelajari Al-Quran secara cepat. Saat itu Zarkasyi merasa belum ada metode membaca Al-Quran yang memadai, sebab sebagian besar di antaranya hanya mengandalkan hafalan, bukannya metode yang tartil. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1986, dia menerbitkan 6 jilid materi pembelajaran membaca Al-Quran untuk anak umur 4-6 tahun.

  • Metode Jibril

Terakhir ada metode Jibril yang menggunakan taqlid atau menirukan sebagai intisarinya. Dengan metode ini, para siswa akan menirukan bacaan yang diucapkan guru mereka. Dalam hal ini, metode Jibril dikenal dengan sifat pembelajaran teacher-centris dengan guru sebagai sumber atau pusat informasi di dalam tahap pembelajaran tersebut. Jika kita ingin menerapkan metode mengaji cara baru ini, maka kita harus mempunyai kecakapan dalam bacaan Al-Quran.

Ingin Bisa Qur’an Dengan Cepat dan Mudah?

Alhamdulillaah, kini telah hadir Metode Bisa Qur’an, sebuah sistem belajar Qur’an yang cepat, mudah dan menyenangkan. Metode ini telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 1.573 pengguna di Jakarta, Surabaya, Medan, Bekasi, Bandung, … serta berbagai kota lainnya. Sekarang giliran Anda merasakannya.

Testimoni Pengguna

Metodenya sangat mudah dicerna dan dipahami, dalam waktu 2 hari saya sudah bisa langsung membaca al-Qur’an — Citra Kharisma, 31 tahun, Presenter

Metode ini sangat mudah diingat, terutama buat orang tua yang baru belajar baca al-Qur’an. Waktu kecil saya tidak percaya kalau dalam 3 hari sudah bisa membaca al-Qur’an, tetapi setelah saya menjalaninya, ternyata benar. Metode ini memang luar biasa — Sri Enyati (62 tahun), Wiraswasta, Cilandak, Jakarta Selatan

Ustadz yg membawakan pembelajaran di video sungguh sangat bagus … saya SANGAT puas dengan pembelajaran ini, … selama 2 minggu saya belajar metode ini saya sungguh mendapatkan manfaatnya — Aloysius (Muallaf), Ungaran, Jawa Tengah

Menurut saya, cara pembelajaran metode ini sangat bagus dan mudah dimengerti … Setelah saya belajar metode ini, alhamdulilllaah saya sekarang bisa baca al-Qur’an — Nyonya Suwarti S (63 tahun), Nyutran, Yogyakarta

Yang Anda Dapatkan

Dengan paket Metode Bisa Qur’an, insyaaAllah Anda akan segera bisa membaca al-Qur’an, dengan menguasai enam pelajaran penting, yaitu: mengenal huruf, harakat, perubahan huruf, bacaan panjang, tajwid dan rumus singkat. Semua pelajaran akan Anda dapatkan dalam bentuk:

6 Video Tutorial (MP4)

  • Kualitas HD (1920 x 1080) dengan total durasi 4,5 jam
  • Dikirim melalui DVD ke alamat Anda
  • Tersedia akses streaming/download
  • Dijalankan di komputer/laptop

1 Buku Panduan (HVS) 

  • Dicetak ukuran 18 cm x 23 cm dengan tebal 120 halaman

1 Ebook Bonus (PDF)

  • Berisi tips-tips berdasar pengalaman pribadi kami, di mana kami alhamdulillaah lancar membaca al-Qur’an, hingga pernah menang lomba tilawah dan bisa menghafal juz 30 (juz ‘Amma) dalam waktu dua (2) bulan secara mudah — insyaaAllah

Aman dan Berpahala

Belanja di BisaQuran.com dijamin aman karena barang kami kirim dulu ke tempat Anda. Setelah barang Anda terima, barulah Anda berkewajiban untuk membayar dalam 3 x 24 jam setelah barang diterima, jika dan hanya jika Anda merasa puas dengan produk kami. Jika tidak puas? Kembalikan saja ke alamat kami dan Anda tidak perlu membayar apa pun, 100% aman.

Selain itu, kami memiliki misi dakwah dan sosial. Karenanya sebagian dari hasil penjualan Paket BisaQur’an akan disumbangkan untuk membantu anak yatim yang memerlukan.

Akan tetapi stok kami terbatas, jika habis maka perlu berminggu-minggu untuk pre-order … Maka, tunggu apa lagi? Miliki paket Metode Bisa Qur’an sekarang!

Harga Yang Lain:

Rp 275.000

Harga Kami:

Rp 199.000

Free Ongkos Kirim Seluruh Indonesia

Form Pemesanan