Tips Belajar Mengaji Untuk Orang Dewasa

Saat menginjak usia 30 tahun, pernahkah Anda merasa bahwa pembelajaran agama yang dimiliki, terutama untuk membaca AlQur’an masih sangat kurang? Terlebih ketika masa muda yang dimiliki hanya dihabiskan untuk mengejar karir dan penghasilan yang layak. Sebagai orang dewasa, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba untuk menguasai AlQur’an sebagai bekal Anda di akherat kelak.

Kenali huruf AlQur’an

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menguasai seluruh huruf yang ada di AlQur’an. Anda bisa melakukannya dengan cara membaca 29 huruf dasar yang ada dalam AlQur’an terlebih dahulu kemudian menyalinnya kembali kedalam buku atau kertas untuk lebih cepat menghafalnya. 

Kenali tanda baca AlQur’an

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah menguasai segala jenis tanda baca AlQur’an, seperti fathah, kasrah, dhammah, sukun, dan lainnya, sehingga Anda paham pelafalan ayat AlQur’an dengan baik. Anda bisa mempelajari macam tanda baca yang ada dalam AlQur’an dari buku yang menyediakan pembelajaran AlQur’an maupun dari video pembelajaran AlQur’an yang bisa didownload secara gratis.

Mengetahui teknik membaca AlQur’an

Saat Anda ingin lebih bisa membaca AlQur’an, pembelajaran selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah penguasaan teknik membaca dengan benar. Dala AlQur’an ada beberapa teknik membaca, seperti idgham yang membuat Anda membaca AlQur’an dengan suara mendengung. Teknik baca AlQur’an yang dibahas, juga akan membantu Anda mengetahui kapan waktu membaca dengan suara tinggi, dengungan panjang, maupun teknik lainnya. Agar lebih mudah, Anda bisa membantu diri sendiri dengan mempelajari berbagai video tutorial yang ada di link sharing maupun situs berbagi video. Namun demikian, agar Anda bisa cepat membaca setidaknya minta orang lebih ahli untuk menjelaskan teknik membaca kepada Anda.

Belajar didampingi ahlinya

Dari ketiga cara belajar AlQur’an diatas, adakalanya Anda masih akan merasa kesulitan dalam membaca AlQur’an. Untuk itu, tak ada salahnya Anda meminta bantuan dari orang lain yang bisa menjadi guru mengaji Anda. Dengan bantuan seorang guru mengaji yang profesional, Anda akan lebih cepat menguasai AlQur’an dan meresapi nilai ajaran Islam secara perlahan. Namun demikian, saat Anda belajar mengaji, pastikan AlQur’an yang Anda pakai adalah AlQur’an yang tidak dilengkapi dengan terjemahan latin sehingga Anda benar-benar bisa menguasai makna dan bacan AlQur’an yang dipelajari. Dengan pendampingan guru mengaji, Anda juga bisa meminta bantuan untuk mempelajari hadist maupun hal-hal lain yang bermanfaat untuk memperbaiki ibadah Anda. 

Praktek membaca

Ketika Anda sudah belajar bersama seorang guru mengaji, tetaplah mengaji sendiri di sela-sela waktu luang. Kegiatan tersebut akan membuat Anda lebih paham dan hafal ayat-ayat suci AlQur’an. Agar Anda tahu dimana letak kesalahan saat belajar praktek sendirian, mintalah salah satu keluarga untuk merekam suara Anda dan mengkonsultasikannya pada guru mengaji saat bertemu kembali.