Cara Membaca Al-Quran dengan Metode UMMI dan Manfaatnya

Menggunakan cara belajar membaca Al Quran metode UMMI adalah salah satu usaha untuk mengetahui lebih dalam tentang kitab suci tersebut. Ada tiga kelebihan yang dimiliki UMMI, yakni pemakaian metode dan buku berkualitas, guru-guru dengan kemampuan mengajar yang teruji, dan menerapkan sistem yang berbasis dengan mutu terjamin. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, baik anak-anak maupun orang dewasa dapat memperoleh manfaat membaca Al-Quran sebagai berikut:

  • Mendapatkan Ketenangan

Sebuah studi yang dilakukan seorang dokter ahli jiwa menyatakan bahwa orang-orang yang membaca Al-Quran akan memperoleh ketenangan. Persentasenya bahkan mencapai 97%, baik bagi pembaca dan mereka yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Laporan ini berasal dari konferensi kedokteran Islam yang digelar di Amerika Utara. Maka dari itu, mulailah kebiasaan rutin membaca Al-Quran untuk memperoleh ketenangan bagi jiwa dan raga.

  • Bisa Mengobati Penyakit

Tubuh kita terdiri dari atom-atom yang akan bergetar dalam frekuensi tertentu. Salah satunya saat tubuh sedang terserang penyakit karena perubahan sususan atom. Lantas untuk mengubah kembali struktur atom tersebut, kita bisa melakukannya dengan membaca atau mendengar lantunan ayat-ayat Al-Quran. Sebab getaran yang ditimbulkan dari ayat-ayat suci akan membuat struktur atom yang berantakan jadi normal dan membuat tubuh kita kembali sehat.

  • Meningkatkan Kecerdasan Otak

Penerapan cara belajar membaca Al Quran metode UMMI yang tepat pun akan mencerdaskan otak kita. Sebuah studi yang dilakukan beberapa ahli menyatakan bahwa membaca Al-Quran setelah Subuh dan Maghrib akan meningkatkan kecerdasan otak sampai 80%. Sebab di waktu pergantian siang dan malam serta sebaliknya menjadi momen terbaik untuk melakukan tiga kegiatan. Antara lain melihat, mendengar, dan membaca Al-Quran. Metode ini juga sangat bagus diterapkan untuk anak-anak.

  • Mencegah Perbuatan Buruk

Sebagai pedoman hidup umat manusia, sebagian ayat-ayat yang terkandung di dalam Al-Quran tentunya meminta kita untuk selalu mengamalkan hal-hal baik. Al-Quran juga senantiasa mengingatkan kita pada Allah Swt., Sang Pencipta alam semesta. Semakin sering kita membaca dan mendalami ayat-ayat yang terkandung di dalam Al-Quran, semakin kita jauh dari perbuatan buruk. Sebab kita senantiasa ingat pada Allah Swt. yang selalu mengawasi.

  • Menambah Wawasan dan Ilmu

Sekarang ini sudah kian banyak ilmuwan yang membuktikan bahwa isi Al-Quran relevan dengan ilmu dan pengetahuan masa kini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Al-Quran tidak ditulis oleh manusia, tetapi oleh Yang Maha Mengetahui, Allah Swt. Maka dari itu, wawasan dan ilmu kita pun akan bertambah kalau kita rajin membaca sekaligus mengkaji kandungannya secara mendalam. Bahkan hingga sekarang masih banyak ilmu pengetahuan dalam Al-Quran yang belum terungkap.

Semoga info ini mendorong kita memakai cara belajar membaca Al Quran metode UMMI!