Kiat Cara Belajar Baca Al-Quran Otodidak dan Hukumnya

Cara belajar baca al-quran otodidak di rumah. Belajar membaca al-quran kini tak hanya bisa didapatkan lewat guru ngaji saja, melainkan lewat video-video khusus yang berisikan metode belajar baca al-quran secara otodidak. Al-quran merupakan sebuah mukjizat di mana di dalamnya memiliki hukum, firman Allah Swt dan juga sejarah yang wajib diimani. Dengan begitu, al-quran merupakan himpunan ilmu di mana tak dapat dipelajari lewat belajar sendiri atau secara otodidak. Karena mempelajari al-quran bukan sekedar membaca hurufnya saja, tetapi memahami isi dan maknanya, dan juga memahami aturan-aturan pembacaannya.

Belajar Membaca Al-Quran yang Baik

Mempelajari al-quran layaknya mempelajari sebuah bahasa, di mana dalam mempelajari sebuah bahasa tentu mesti ada seseorang yang mencontohkan, yakni harus ada pendamping atau guru yang mempraktekkannya. Untuk itu, sebelum Anda ingin mengetahui bagaimana cara belajar baca alquran otodidak perlu mengetahui hukumnya terlebih dulu. Namun, Anda tak perlu khawatir ada beberapa cara untuk pemula dalam belajar membaca ayat suci al-quran seperti berikut :

1.     Meluangkan Waktu Khusus

Untuk mempelajari al-quran dengan baik, sebaiknya tidak menunggu waktu luang tetapi harus benar-benar meluangkan waktu secara khusus untuk belajar al-quran. Anda bisa menjadwalkan waktu khusus untuk belajar membaca al-quran dengan baik dan benar.

2.     Bisa Membaca Huruf Hijaiyah

Hal yang perlu diperhatikan saat belajar membaca al-quran dengan baik yaitu pertama-tama Anda mesti mampu membaca 28 huruf hijaiyah terlebih dulu. Bila Anda sudah mengetahui dan dapat membaca sebanyak 28 huruf hijaiyah secara tepat, degan begitu bisa menjadi modal utama dalam belajar membaca ayat al-quran.

3.     Mengerti dan Memahami Tanda Baca

Jika Ana sudah mampu untuk membaca sebanyak 28 huruf hijayah secara tepat dan fasih, maka selanjutnya Anda harus memahami tanda baca, seperti sukun, fathah, tanwin, dmmah dan kasrah.

4.     Memahami Tajwid

Dalam membaca ayat suci al-quran tentunya kita tak hanya mampu mengenal dan membaca huruf hijaiyah saja melainkan juga harus memahami ilmu tajwid. Ilmu tajwid ini sangat penting untuk dipelajari, sebab dalam ayat suci al-quran itu sendiri terdapat berbagai macam isyarat dalam tanda baca atau ilmu tajwid, misalnya mad tobei, mat wajib muttasil, mad lin, idhar, ikhfa dan lain sebagainya. Pentingnya ilmu tajwid ini tentunya perlu diperhatikan terutama bila Anda masih belum fasih dalam membaca ayat suci al-quran.

Untuk mempelajari cara membaca al-quran dengan metode-metode di atas tentunya membutuhkan seseorang pendamping atau guru yang bisa membimbing bagaimana cara membaca al-quran dengan tepat, memahami isi al-quran dan juga menguasai ilmu tajwid di dalamnya. Dengan begitu, kita bisa membaca al-quran dengan lancar. Itulah beberapa cara belajar baca alquran otodidak.