Urgensi Contoh Belajar Membaca Iqro dengan Benar Agar Lancar Baca Al Quran

Belajar Iqro, Belajar Al Quran

Contoh belajar membaca iqro dengan benar dibutuhkan agar proses belajar memberi hasil optimal. Agar bisa membaca dan juga memahahi setiap ayat Al Quran, umat muslim sebaiknya mengetahui cara membaca yang benar dengan mengenal huruf-huruf hijaiyyah. Bukan hanya itu saja. Sebaiknya umat muslim juga memahami tajwid beserta huku bacaan Al Quran. Untuk menguasai semua kompetensi tersebut, sebelumnya ada beberapa tahapan langkah yang harus diperhatikan sampai akhirnya bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar.

1. Mengenal Huruf Hijaiyyah

Pada tahap awal sebaiknya bisa mengenal dan membaca huruf hijaiyyah. Ada 29 huruf hijaiyyah. Belajar membaca Al Quran sedikit banyak sama dengan belajar huruf alfabet atau membaca pada umumnya. Dimana mesti mengenal huruf-huruf terlebih dulu. Sehingga mengenal dan dapat membaca huruf hijaiyyah adalah modal awal yang penting.

Akan tetapi, sebelum membaca Al Quran dianjurkan untuk mengawali membaca Iqro lebih dulu. Iqro memiliki isi lengkap mulai dari cara mengeja dan membaca huruf hijaiyyah dari huruf pertama ‘Alif hingga huruf terakhir ‘Ya. Dengan belajar Iqro secara bertahap akan diajarkan awal mula belajar membaca dan melafazkan contoh huruf hijaiyyah. Iqro terbagi menjadi beberapa tingkatan level yang sebaiknya dilalui satu per satu mulai dari tingkat 1 hingga 6. Bila sudah tamat membaca Iqro dan dinyatakan lancar baru kemudian bisa mempelajari baca Alquran. Bisa dibilang Iqro adalah tahap awal yang begitu penting. Inilah mengapa dibutuhkan contoh belajar membaca iqro dengan benar.

2. Memahami Tanda Baca Alquran

Setelah tamat iqro berlanjut pada tahap memahami tanda baca dalam ayat-ayat Al Quran. Diantaranya fathat, kasrah, dan dhomah yang bisa dilihat seperti tanda huruf vokal dalam alfabet.

3. Memahami Panjang Pendek Harkat

Tahapan selanjutnya yakni memahami panjang pendek harkat yang mesti dibaca. Dalam hal ini terdapat tanda baca yang perlu diperhatikan seperti Mad Wajib Muttasil, Mad Arid Lissukun, dan sebagainya. Isyrat tanda baca tersebut tidak muncul di dalam setiap ayat Al Quran, namun kemunculannya mesti diperhatikan.

4. Teknik Membaca Al Quran

Tahapan yang tidak kalah penting selanjutnya memahami teknik membaca Al Quran. Terdapat beberapa teknik membaca Al Quran diantaranya Idgham Bighunnah, Idgham Billaqunnah, Izhar, Ikhfa, dan Iqlab. Dengan memahami teknik baca Al Quran ini diharapkan bisa lebih paham dan mengetahui bagaimana cara membaca Al Quran yang baik dan benar.

5.             Praktek

Tahap terakhir yakni praktek. Dengan mempraktekan cara membaca Al Quran dengan baik dan benar, maka bisa mengukur kemampuan diri sendiri.

Membaca Al Quran begitu dianjurkan karena dalam 1 ayat yang dibaca terkandung 10 kebaikan. Supaya fasih dan bisa membaca dengan benar, melafazkan dengan lancar, dan memahami arti Al Quran ada baiknya bila belajar bersama ahlinya. Misalnya guru pembimbing. Sehingga bila terjadi kesalahan bisa diperbaiki. Mengingat belajar Al Quran berawal dari pengenalan huruf hijaiyyah dan membaca Iqro tentu kini semakin jelas mengapa Contoh belajar membaca iqro dengan benar dibutuhkan.