Belajar Mengaji dari Awal Untuk Pemula

Yuk Belajar Mengaji!

Belajar mengaji dari awal bukan hal sulit, meski bagi para pemula sekalipun. Selama dibarengi tekad dan niat bulat belajar mengaji pastinya akan berlangsung mudah. Apalagi bila belajar mengaji dilakukan rutin. Belajar mengaji bisa dimulai dari belajar membaca huruf hijaiyyah. Bagi yang belum mengenal huruf hijaiyyah mungkin akan merasa sulit untuk dipelajari. Akan tetapi tidak perlu takut, belajar huruf hijaiyyah sebenarnya sama saja dengan belajar huruf latin. Sebelum mengenal huruf latin tentu ada kebingungan pula terkait cara baca dan maksudnya bukan? Namun setelah mengenal huruf latin, dengan sendirinya bisa membaca secara lancar.

Agar bisa mengaji ada beberapa dasar dalam belajar Al Quran yang perlu dilalui. Berikut beberapa diantaranya:

· Pengenalan Huruf-Huruf Hijaiyyah

Huruf hijaiyyah adalah huruf yang digunakan di dalam Al Quran. Huruf hijaiyyah berjumlah 29 huruf yang mana semuanya wajib dihafal agar bisa mengaji secara benar. Beberapa huruf pengucapannya mirip seperti huruf latin, tetapi ada pula yang berbeda. Selain mengenali huruf hijaiyyah satu per satu, pelajari pula bagaimana bila beberapa huruf hijaiyyah disambung. Beberapa huruf hijaiyyah diketahui ada yang bisa disambung dan ada pula yang tidak. Dalam tahap ini kuasai pula pengucapan huruf dan makhraj yang menjadi tempat keluar huruf.

· Pengenalan Tanda Baca

Tahap belajar mengaji dari awal untuk pemula berikutnya yaitu pengenalan tanda baca. Tanda baca huruf hijaiyyah dikenal sebagai harakat. Sebelumnya Al Quran ditulis tanpa harakat alias huruf gundul. Meski ditulis tanpa tanda baca, bagi yang sudah fasih bahasa Arab tidak akan mengalami kebingungan. Hanya saja mengingat banyaknya umat Islam yang tidak berasal dari negeri Arab dan tidak fasih berbahasa Arab, maka muncul kekhawatiran kesalahan dalam membaca serta memahami arti Al Quran. Sehingga dibuat harakat atau tanda baca yang berlaku hingga saat ini.

· Pengenalan Tajwid

Selain harakat, pemula sebaiknya juga mempelajari tajwid. Tajwid adalah ilmu membaca Al Quran dengan benar dan baik. Bila dalam bahasa Inggris dikenal grammar, maka bisa dibilang tajwid adalah grammar dalam bahasa Arab. Terdapat beberapa tajwid diantaranya Idzhar, Idgham, Ikhfa, dan masih banyak lagi. Masing-masing tajwid tersebut memiliki hukum berbeda yang sebaiknya diketahui.

· Latihan Mengaji

Belajar mengaji tanpa latihan tentu akan kurang artinya. Supaya lebih lancar dan fasih membaca Al Quran dibutuhkan latihan rutin. Berlatih mengaji sampai lancar dan tajwid dibaca benar. Bila sudah lancar membaca Al Quran, maka akan lebih mudah lagi untuk menghafal ayat-ayat Al Quran. Akan lebih baik lagi bila sembari mengkaji isi kandungan dengan mempelajari terjemahannya. Ada banyak metode belajar mengaji dari awal yang bisa dicoba bagi para pemula.

Balajar Ngajj Awal Belajar Ngaji Dari Awal Belajar Ngaji Pemula Dasar Dasar Belajarengajih Dasar-dasar Belajar Mengaji