Cepat Belajar Membaca Alquran Metode An Nur

Metode An Nur

Belajar membaca Alquran metode An Nur digagas oleh Ust. Dr. H. Desembriar Rosyadi S.Ag, S.E, S.H, MM, MBA pada tahun 1996. Metode An Nur ini menjanjikan mampu membaca Alquran cepat hanya dalam 2 jam saja. Minimal dalam 14 hingga 16 kali pertemuan. Oleh karena itulah, metode belajar membaca Alquran ini digadang-gadang menjadi metode pembelajaran yang tercepat.

Adapun lebih rincinya, metode An Nur merupakan sebuah metode yang dikemas sedemikian rupa sebagai tuntunan di dalam membaca kitab suci Alquran. Nama metode An Nur itu sendiri di ambil dari Alquran yang memiliki arti cahaya. Metode An Nur ini diawali dari keprihatinan Ust Rosyadi berdasar pengalaman pribadi yang belum juga lancar membaca Alquran selama 12 tahun. Belajar Alquran memang akan terasa lebih sulit terutama setelah dewasa atau tua.

Akan tetapi, dengan metode An Nur proses belajar dijanjikan akan lebih cepat berhasil. Hal ini karena metode An Nur dikemas sebagai tuntunan belajar Alquran yang mana memberi penekanan pada huruf hijaiyah, tanda baca, serta tajwid bagi pemula yang sudah berusia dewasa. Belajar membaca Alquran metode An Nur pada awalnya memang ditujukan untuk orang dewasa. Namun, dari perkembangan yang ada tidak menutup kemungkinan bisa pula diterapkan pada anak-anak. Metode An Nur juga cocok bila diperuntukkan di dalam bimbingan belajar Alquran klasikal.

Tujuan dan Teknik Pembelajaran

Tujuan dari metode belajar Alquran menggunakan metode An Nur tidak lain yaitu:

  • Memberi kemudahan dalam rangka belajar membaca Alquran
  • Menambah keimanan pada kitab suci Alquran
  • Meningkatkan rasa keislaman
  • Meningkatkan kualitas ibadah
  • Media dakwah

Dengan tujuan di atas, bisa diketahui belajar Alquran perlu hati-hati. Agar mencapai tujuan dibutuhkan pengajaran bermutu. Karenanya dibutuhkan metode atau teknik pengajaran yang tepat. Adapun teknik pengajaran dalam metode An Nur disesuaikan dengan tujuan dan juga materi yang disampaikan. Hal ini mengingat metode yang berperan pula sebagai media pelajaran yang ingin dicapai. Akan tetapi, metode An Nur lebih ringkasnya dikenal dengan istilah 3M diantaranya:

  • Melihat

Peserta didik diajak untuk melihat huruf-huruf atau materi yang tengah dibahas oleh pengajar. Dalam hal ini peserta didik diajak untuk melihat tampilan visual dari materi yang dibahas baik dalam bentuk buku pedoman atau media lainnya.

  • Mendengar

Peserta didik juga diajak untuk mendengarkan auditif materi yang sedang dibahas. Baik secara langsung ataupun menggunakan media.

  • Menirukan

Metode selanjutnya yaitu menirukan bacaan. Dalam hal ini peserta didik diajak untuk meniru bacaan yang diberikan pengajar atau menggunakan media.

Dalam metode An Nur, media menjadi sesuatu yang digunakan dalam rangka menyampaikan pesan dan sekaligus merangsang pikiran serta tekad belajar. Sehingga peserta didik akan terdorong untuk belajar. Dengan demikian diharapkan proses belajar membaca Alquran metode An Nur dapat berlangsung optimal.